Pengaruh penggunaan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V MIN 1 Metro tahun pelajaran 2018/2019

Asna, Anirotul (2019) Pengaruh penggunaan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V MIN 1 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 140.FTIK.2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara peningkatan hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Metro yang menggunakan model pembelajaran take and give dan model pembelajaran konvensional.

Jenis penelitian ini yaitu Quasi Experimental desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian membandingkan kelompok yang mendapatkan treatment (perlakuan) yaitu kelas eksperimen dan kelompok yang tidak mendapatkan treatment (perlakuan) yaitu kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V MIN 1 Metro. Pada pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yang diperoleh dari kelas VA sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran take and give) dan kelas VB sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes, data diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dianalisis dengan uji t.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai afektif kelas VA sebesar 90,62 dan kelas VB sebesar 89,17, atau selisih nilai afektif antara kelas VA dan VB sebesar 1,45. Nilai psikomotorik kelas VA sebesar 78,66 dan kelas VB sebesar 75, atau selisih nilai psikomotorik kelas VA dan VB sebesar 3,66. Nilai afektif dan psikomotorik dengan hasil uji t, nilai tersebut tidak memberikan perbedaan antara kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB). Terlihat pada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen (model pembelajaran take and give) antara kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Pada kelas eksperimen (VA) diperoleh peningkatan hasil belajar sebasar 19,38 dengan nilai rata-rata pretest = 57,5 dan nilai rata-rata posttest = 76,88. Sedangkan pada kelas kontrol (VB) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 12,83 dengan nilai rata-rata pretest = 55,5 dan nilai rata-rata posttest = 68,33. Hasil belajar kognitif memberikan perbedaan nyata dengan nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,013. Selisih nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB) sebesar 8,55 yang berarti hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran take and give berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:20
Last Modified: 24 Sep 2019 08:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item