Penggunaan model cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Bumiharjo Batanghari Tahun pelajaran 2018/2019

Thurrohma, Aziza (2019) Penggunaan model cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Bumiharjo Batanghari Tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 141.FTIK.2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SDN 2 Bumiharjo Batanghari yang masih rendah. Karena dalam kegiatan proses pembelajaran hanya berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang berpartisipasi aktif dan suasana belajar yang kurang kondusif dan kurang menyenangkan. peserta didik terlihat malas dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran, hal ini dikarenakan beberapa faktor yaitu guru kurang kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan peserta didik, serta kurang optimal dalam memanfaatkan media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran. Peserta didik membutuhkan pembelajaran yang menyenangkan sehingga peserta didik merasa tidak kesulitan dalam proses pembelajaran, maka di sini peneliti menggunakan salah satu alternatif rumusan masalah dengan penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match dalam proses belajar mengajar, karena fungsi model Cooperative Learning Tipe Make a Match dalam proses pembelajaran dapat membuat suasana kelas menjadi menyenangkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan model Cooperative Learning Tipe make A match pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Bumiharo Batanghari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Bumiharjo Batanghari dengan jumlah Subjek 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwasanya hasil belajar peserta didik meningkat melalui penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 57,8% pada siklus I, menjadi 84,2% pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 26,4%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas IV SDN2 Bumiharjo Batanghari tahun pelajaran 2018/2019 dan tetap dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 2 Bumiharjo Batanghari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:20
Last Modified: 24 Sep 2019 08:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item