Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Melalui Bermain Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Metro Pusat Tahun Pelajaran 2018/2019

Septiawati, Ade (2019) Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Melalui Bermain Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Metro Pusat Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ADE SEPTIAWATI (1501030002) - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh perkembangan sosial anak kelompok B2 Usia 5-6 Tahun TK Pertiwi Metro Pusat masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan, karena perilaku sosial anak didik masih kurang seperti berbagi, kerjasama, dan tolong menolong, belum maksimalnya metode yang digunakan dalam mengembangkan perkembangan sosial anak. Bermain balok memiliki kelebihan untuk meningkatkan anak mengasah sosial anak sehingga timbul sosialisasi yang baik terhadap orang lain atau teman bermainnya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah upaya meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun melalui bermain balok di TK Pertiwi Metro Pusat Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan Penelitian untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial anak melalui bermain balok.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dalam setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan lembar observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui penglihatanperkembangan sosial anak didik selama proses pembelajaran dengan pengamatan, sedangkan data kuantitatif melalui observasi selama proses pembelajaran dengan bermain balok seperti lembar observasi aktivitas guru dan anak didik. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B2 usia 5-6 tahun TK Pertiwi Metro Pusat yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dapat diketahui dari pengamatan perkembangan pada setiap siklus yang ditandai dengan persentase indikator pencapaian yang meningkat, yaitu kondisi Pra Siklus kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) persentase sebesar 25%. Hasil tindakan penelitian siklus I kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sebesar 25% dengan peningkatan persentase sebesar 10%. Hasil penelitian siklus II kategori pencapaian BSH (BerkembangSesuai Harapan) sebesar 65% dengan peningkatan persentase sebesar 25%, dengan kegiatan bermain balok disetiap pertemuan menjadikan anak lebih berkembang dalam kerjasama, berbagi dan tolong menolongnya. Hal ini menunjukkan bahwa melalui bermain balok merupakan alat permainan edukatif yang dapat meningkatkan perkembangan sosial anak kelompok B2 Usia 5-6 Tahun TK Pertiwi Metro Pusat.Kata Kunci: Perkembangan Sosial, Bermain Balok, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Jan 2020 05:00
Last Modified: 09 Jan 2020 05:00
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item