Penggunaan Media Realia Untukmeningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD IT Wahdatul Ummah Metro Tahun Pelajaran 2017/2018

Rahmawati, Erna (2018) Penggunaan Media Realia Untukmeningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD IT Wahdatul Ummah Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ERNA RAHMAWATI NPM. 13105175.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Proses komunikasi dalam pembelajaran yang efektif terdapat 3 komponen pokok, yaitu guru sebagai penyampai pesan, siswa sebagai penerima pesan, dan materi ajar sebagai pesan itu sendiri. Kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta kondisi kelas yang tidak kondusif mengakibatkan proses penyampaian pesan atau materi pembelajaran dari guru ke siswa tidak berhasil maksimal yang berdampak pada hasil belajar. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkanhasil belajar siswa dengan menggunakan media realia sebagai perantara guru menyampaikan pesan agar materi dapat di terima siswa dengan maksimal.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V mata pelajaran IPA di SD IT Wahdatul Ummah Metro tahun ajaran 2017/2018?Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media realia dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDIT Wahdatul Ummah Metro pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada 2 siklus dan masing-masing siklus 2 kali pertemuan, subyekpenelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Wahdatul Ummah Metrodengan jumlah siswa sebanyak 35orang pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan materi struktur dan sifat bahan. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa, observasidann dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumuskuantitatif.

Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui bahwa dengan menggunakan media realia hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan yaitu 60% sedangkan yang belum tuntas mencapai 40 %. Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai yaitu 94%sedangkan yang belum tuntas sebanyak 6%, dari siklus I ke siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 34%. Berdasarkanhasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswakelas V pada mata pelajaran IPA dalam materi struktur dan sifat bahan di SD IT Wahdatul Ummah Metro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jan 2020 01:02
Last Modified: 10 Jan 2020 01:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item