Persaingan Usaha Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pedagang Sayur Keliling dan WarungSayur di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur)

Stefhani, Putri Wita (2019) Persaingan Usaha Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pedagang Sayur Keliling dan WarungSayur di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
PUTRI WITA STEFHANI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis dapat disebabkan oleh kesalahan strategi yang mana kesalahan tersebut dapat dipelajari dan dimanfaatkan oleh pelaku bisnis lainnya sebagai peluang yang mampu mencuri perhatian konsumen.

Adapun yang mendorong untuk melaksanakan penelitian tentang persaingan usaha ini adalah untuk mengetahui persaingan usaha dalam perspektif etika bisnis Islam (Studi Kasus di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), dan sifat penelitian yaitu penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, di dalam sumber data primer data yang diperoleh langsung dari responden melalui wawancara yaitu kepada pedagang sayur keliling dan warung sayur di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur, dan di dalam sumber data sekunder data penunjang yaitu data diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan kepustakaan lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisa data penulis menggunakan analisa induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persaingan Usaha Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pedagang Sayur Keliling dan Warung Sayur di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur) belum sesuai dengan etika bisnis Islam, dikarenakan keterbatasan pengetahuan yang mereka miliki, sehingga mereka mengetahui tentang persaingan usaha yaitu hanya menerapkan strategi yang dapat menguntungkan sebanyak-banyaknya tanpa mengikuti ketentuanyang ditetapkan dalam hukum Islam.

Demikian disarankan kepada pedagang sayur yang ada di Desa Banjarrejohendaknya belajar mengenai etika bisnis Islam supaya kedepannya dapat memperoleh rezeki yang halal dan menjalankan usaha sesuai dengan hukum Islam. Hal tersebut dikarenakan bisnis tidak hanya akan mendatangkan keuntungan berupa materi saja, namun juga berkah atas rezeki yang diperoleh yang semata-mata dari Allah.dapat jujur kepada pembeli mengenai barang yang dijual, memberikan kualitas barang yang baik dan tidak menyembunyikan cacat pada barang yang dapat merugikan pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jan 2020 01:13
Last Modified: 10 Jan 2020 01:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item