Upaya Mengembangkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng Di KOBER Mulia Marga Mulya Kecamatan Bumi Agung

Andini, Nurul (2022) Upaya Mengembangkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng Di KOBER Mulia Marga Mulya Kecamatan Bumi Agung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NURUL ANDINI -1701030053 - PIAUD.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling efektif untuk menyampaikan gagasan dan pikiran dalam bentuk tulisan, kata, kalimat dalam bentuk suara yang ditujukan kepada orang lain. Kemampuannbahasa anak usia dini didasarkan pada fase perkembangan kognitif, terencana dan disesuaikan dengan kelompok usia tumbuh kembang, sehingga potensi perkembangan bahasa anak berkembang secara optimal. Berdasarkan observasi di Di KOBER Mulia Marga Mulya Kecamatan Bumi Agung, Lampung Timur, memiliki perkembangan bahasa yang rendah. Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini akan menerapkan pembelajaran dengan metode mendongeng. Kegiatan mendongeng disukai oleh hampir semua anak, terutama jika mendongeng dengan baik dengan sedikit permainan untuk melibatkan mereka.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan di setiap siklusnyajadi total keseluruhan menjadi 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi.Teknik pengumpulan data menggungkan teknik observasi dan dokumentasi.Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa anak usia dini melalui metode mendongeng di Di KOBER Mulia Marga Mulya Kecamatan Bumi Agung, sebagai data perkembangan bahasa anak usia dini pada siklus I, anak yang belum berkembang sebanyak 4anak dengan prosentase 40%, anak yangmulai berkembang sebanyak 2 anak dengan prosentase 20%, anak yang berkembang sesuai harapan sebanyak 2 anak dengan prosentase 20%, dan anak yang berkembang sangat baik sebanyak 2 anak dengan prosentase 20%. Kemudian pada siklus II, anak yangbelum berkembang sudah tidak ada, anak yang mulai berkembang sebanyak 1 anak dengan prosentase 10%, anak yang berkembang sesuai harapan yaitu sebanyak 1 anak dengan prosentase 10%, dan anak yang berkembang sangat baik sebanyak 8 anak dengan prosentase 80%.

Kata Kunci: Bahasa, Metode Mendongeng, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:07
Last Modified: 16 Sep 2022 09:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6363

Actions (login required)

View Item View Item