Faktor-Faktor Kesulitan Dalam Pembelajaran Qiroah Pada Siswa SMP TMI Metro Tahun Ajaran 2021/2022 M

`Azizah, Irma Nur (2022) Faktor-Faktor Kesulitan Dalam Pembelajaran Qiroah Pada Siswa SMP TMI Metro Tahun Ajaran 2021/2022 M. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS IRMA NUR 'AZIZAH -18003795 - PBA.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan membaca merupakan keterampilan urgen dalam pembelajaran Bahasa Arab. Namun fakta dilapangan menunjukkan berbagai kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran qiroah.kesulitan yang dihadapi siswa diantaranya adalah mereka tidak bisa membaca teks arab dengan lancar dan benar, siswa tidak bisa memahami beberapa makna mufradat dalam teks bacaan. Siswa tidak mampu menterjemahkan teks arab kedalam Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian sejalan dengan pertanyaan penelitian yaitu untuk menganalisis factor faktor kesulitan dalam pembelajaran maharah Qiroah pada siswa SMP TMI Raudhatul Qur’an TP 2021/2022.

Tahap penelitian yaitu: tahap pra penelitan, tahap pelaksanaan dan tahap pasca penelitian. Tahap pra penelitian; peneliti mempersiapkan instrument penelitian, melakukan observasi awal, melakukan pendekatan kepada sumber data utama sereta mempersiapkan rancangan penelitian. Tahap pelaksanaan penelitian yaitu tahap dimana peneliti terjun kelapangan penelitian melakukan observasi terhadap proses pembelajaran qiro’ah dan melakukan wawancara pada guru, siswa dan pegawai. Dalam proses pelaksanaan penelitian, peneliti melakukan catatan harian selama terjun dilapangan.selain itu merekam dan mengambil foto kegiatan. Catatan harian itu adalah data mentah yang nantinya akan dianalisis. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah siswa, kepala sekolah, guru dan pegawai di SMP Raudhatul qur’am kota Metro. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Data yang terkumpul dianalisis dengan langka analisis kualitatif yaitu : verifikasi data, display data dan reduksi data.

Berdasarkan hasil analisis dihasilkan hasil penelitian sebagai berikut: Dari hasil analisis data, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Pembelajaran maharah qiraah pada madrasah Raudhatul qur’an dilakukan dalam kelas formal. Waktu pembelajaran dilaksanakan 2 jam pembelajaran pada setiap minggunya. Pembelajaran merujuk pada indikator tujuan. Strategi pembelajaran yang dilakukan guru adalah Strategi Analysis, Strategi Snow Bolling dan Strategi Broken Text. Beberapa media yang telah digunakan guru di sekolah ini adalah media visual dan audio visual. dalam bentuk gambar, Papan tulis dan Slide Media. Lingkungan pembelajaran qiroah di sekolah ini yaitu terdapat dua jenis lingkungan pembelajaran yaitu lingkungan non formal dan lingkungan formal. Kesulitan yang dihadapi Siswa dalam Pembelajaran Qiro’ah. disebabkan oleh dua faktor utama yaitu permasalahan linguistik dan non-linguistik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:45
Last Modified: 05 Oct 2022 03:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6442

Actions (login required)

View Item View Item