Mekanisme Penerapan Akad Qardhdan Ijarah Multijasapada Produk Talangan Haji di Bank Syariah Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung

Ningrum, Nia Ayu (2019) Mekanisme Penerapan Akad Qardhdan Ijarah Multijasapada Produk Talangan Haji di Bank Syariah Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TUGAS AKHIR NIA AYU NINGRUM - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perbankan syariah adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariat islam. Bank syariah juga termasuk dalam lembaga keuangan yang semakin meningkatkan mutu pelayanan dan produk yang mampu bersaing ditengah tingginya kepercayaan terhadap Bank Konvensional. Salah satu produk yang ditawarkan Bank Syariah Kotabumi adalah dana talangan haji yang menggunakan akad Qarddan Ijarah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Mekanisme Akad Qardhdan Ijarah MultijasaPada Produk Talangan Haji diBank Syariah Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Metode penelitian dalam tugas akhir ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini di dapat dari petugas Account Officer (AO).Sumber data sekunder penelitian didapat dari brosur, situs internet dan buku-buku yang membahas tentang pembiayaan. Pengumpulan dari data ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Peneltian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan berfikir secara induktif.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwamekanisme penerapan akad Qardhdan Ijarah Multijasa pada produk talangan haji sangat berprosedur yaitu,calon nasabah melakukan pendaftaran mengajukan pembiayaan talangan haji dengan memenuhi segala persyaratan yang diminta, pihak bank melakukan analisa persyaratan guna mempertimbangkan pengajuan tersebut, setelah pengajuan disetujui kemudian nasabah diantarkan unjuk mendaftarkan keberangkatan haji dengan biaya pendaftaran ditanggung oleh bank sebagai wujud dari terlaksananya pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jan 2020 01:59
Last Modified: 10 Jan 2020 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item