Pengaruh Pemahaman Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim Terhadap Akhlak Belajar Santri Kelas Alfiyah Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur

Ardiansah, Yusup (2020) Pengaruh Pemahaman Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim Terhadap Akhlak Belajar Santri Kelas Alfiyah Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YUSUP ARDIYANSAH NPM. 1601010218.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pondok Pesanteren Riyadlatul ‘Ulum dalam meningkatkan kualitas akhlak belajar santrinya yaitu dengan memberikan beberapa literatur kitab yang memuat bahasan akhlak dalam kegiatan belajar dan mengajar, diantaranya yaitu dengan mengajarkan kitab karangan pendiri NU, kitab yang memberikan pedoman bagi ustadz atau guru dan santri/murid di kegiatan belajar mengajar, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pemahaman kitab tersebut terhadap akhlak belajar santri kelas Alfiyah Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum serta mengetahui perbedaan yang signifikan antara baik dan buruknya pemahaman kitab tersebut terhadap akhlak belajar santri kelas Alfiyah.

40 santri kelas Alfiyah akan menjadi populasi. Metode dalam pengumpulan data adalah metode tes untuk menguji pemahaman kitab Adabul alim wal muta’alim , metode angket untuk mencari data akhlak belajar santri kelas Alfiyah dan metode dokumentasi untuk data-data penunjang. Teknik analisi data yang peneliti gunakan yaitu menggunakan Product Moment yaitu menghitung hasil data variabel X dengan data variabel Y, namun sebelum melakukan uji hipotesis peneliti menguji normalitas dan homogenitas data yang telah didapatkan.

Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus statistik (product moment) maka dapat diketahui bahwa harga product moment (rxy) pada hasil perhitungan = 0,680 yakni lebih besar dari harga product moment pada tabel taraf signifikan 5% = 0,320 dan pada taraf signifikan 1% = 0,413 , sehingga dapat dikemukakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang peneliti ajukan yaitu “Ada pengaruh pemahaman kitab Adabul alim wal muta’alim terhadap akhlak belajar santri kelas Alfiyah Pondok Pesantren Riyadlatu ‘Ulum 39B Bumiharjo Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021”, diterima dan disetujui sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dari data tersebut dikemukakan bahwa terdapat pengaruh, dengan kata lain semakin baik pemahaman kitab tersebut membaik pula akhlak belajar yang dimilki oleh seorang santri. Kata Kunci : Pengaruh, Pemahaman Kitab, Akhlak Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:37
Last Modified: 14 Oct 2022 07:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6652

Actions (login required)

View Item View Item