Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Syafi’i Decoration Ditinjau dari Etika Bisnis Islam

Apriliana, Arikah Dwi (2021) Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Syafi’i Decoration Ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
ARIKAH DWI APRILIANA_1602040177.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Mempersiapkan acara besar tentunya memerlukan banyak waktu serta tenaga. Masyarakat saat ini memiliki kesibukan yang cukup tinggi sehingga menginginkan cara yang instan dan praktis dalam mempersiapakan berbagai acara. Penggunaan jasa event organizer merupakan pilihan yang tepat karena dapat menghemat waktu serta tenaga dan acara dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hal tersebut menjadi peluang bagi para pengusaha jasa event organizer. Dalam hal ini, yang dibahas adalah perusahaan jasa Event Organizer, yaitu Syafi’i Decoration.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan citra perusahaan terhadap keputusan penggunaan jasa Syafi’i Decoration ditinjau dari etika bisnis Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik Boring Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan akan disebarkan kepada 58 responden yang telah menggunakan jasa Syafi’i Decoration. Pembuktian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS (statistical Package For Social Science) versi 23.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa harga tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa Syafi’i Decoration dengan tingkat presentase sebesar 3,3%. Variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa Syafi’i Decoration sebesar 13,1%. Sedangkan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa Syafi’i Decoration sebesar 18,2%. Kemudian melalui uji F, didapatkan hasil bahwa variabel harga, promosi dan citra perusahaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa Syafi’i Decoration. Besarnya presentase dari varibel harga, promosi dan citra perusahaan sebesar 25,6% sedangkan sisanya 74,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang peneliti gunakan dalam penelitian ini Kata kunci: Harga, Promosi, Citra Perusahaan, Keputusan Penggunaan Jasa, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:25
Last Modified: 18 Oct 2022 03:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6672

Actions (login required)

View Item View Item