Penanganan Pembiayaan Bermasalah di PT. BPRS Metro Madani KC Unit II Tulang Bawang

Zulaikhah, Siti (2019) Penanganan Pembiayaan Bermasalah di PT. BPRS Metro Madani KC Unit II Tulang Bawang. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TUGAS AKHIR SITI NUR ZULAIKHAH - abdul manan.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

vPENANGANAN PEMBIAYAAN BERMASALAH DI PT. BPRS METRO MADANI ABSTRAKOLEHSITI ZULAIKHAHNPM: 1602080049Pembiayaan merupakan salah satu fungsi utama lembaga keuangan perbankan. Tetapi didalam suatu lembaga perbankan tidak bisa terhindar dari suatu masalahatau risiko pembiayaan. Pembiayaan bermasalah merupakan pembiayaan yang tidak lancar yang diberikan pihak BPR Syariah kepada nasabah yang tidak dapat atau tidak mau memenuhi kewajiban untuk membayar kembali dana yang dipinjamnya secara penuh pada saat jatuh tempo atau sesudahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan pembiayaan bermaslaah di PT. BPRS Metro Madani KC. Unit II Tulang Bawang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research). Data-data dalam penelitian ini berupa data kuatitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder. Data-data diperoleh melalui metode dokumentasi dan wawancara.Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penangananpembiayaan bermasalah di BPRS Metro Madani harus disesuaikan dengan kasus per kasus, diklasifikasi dari yang kurang lancar, diragukan, dan macet. Karena cara menanganinnya juga berbeda-beda ada yang efektif dengan cara persuasif ada juga yang tidak efektif. Cara paling baik untuk menanggulangi pembiayaan bermasalah di BPRS Metro Madani yaitu dengan cara pencegahan, dari analisis serta pastikan tujuan pemiayaan sesuai akad serta peruntukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:26
Last Modified: 10 Jan 2020 03:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item