Strategi Produk, Harga dan Pelayanan Titik Singgah Pujasera Metro dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau dari Ekonomi Islam

Indrawati, . (2019) Strategi Produk, Harga dan Pelayanan Titik Singgah Pujasera Metro dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau dari Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI INDRAWATI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Konsumen merupakan salah satu unsur yang sangat menentukan keberhasilan usaha. Sebuah perusahaan harus memiliki kemampuan untuk memberikan rangsangan dan stimulus kepada konsumen, sehingga konsumen terdorong dan berminat membeli produk tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi produk, harga dan pelayanan Titik Singgah Pujasera Metro dalam menarik minat konsumen ditinjau dari ekonomi Islam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunderdengan teknik purposivesampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif dengan menggunakan metode berfikir induktif dalam menganalisis data.

Hasil temuan penelitian ini adalah (1) Strategi produk Titik Singgah Pujasera menggunakan strategi logo dan merek dengandesain yang menarikdan mudah diingat.Akan tetapi rasa dari makanan yang disajikan tidak sesuai dengan yang djanjikan dalam promosi. (2) Penentuan harga jual menggunakan metode Cost plus pricing dengan menghitung bahan pokok dan profit yang diinginkan.Sedangkan untuk makanan dan minuman yang dijual masih dalam harga wajar jika dibandingkan dengan fasilitas tempat yang disediakan begitu luas dan nyaman.(3) Strategi pelayanan Titik Singgah Pujasera belumsemua pedagang memilikikualitas pelayanan yang unggul,pedagang memiliki kualitas keandalan, empati, dan keberwujudan.Tetapi dalam kualitas ketanggapan dan kepastian belum terpenuhi. Pedagang tidak memperlihatkan gairah kerja dan sikap selalu siap melayani, sikap pedagang terlalu pasif dalam melayani konsumen. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi produk, harga dan pelayanan Titik Singgah Pujasera Metro dalam menarik minat konsumen belumsesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islamyaitu keadilan dan kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:08
Last Modified: 10 Jan 2020 04:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item