Denda Keterlambatan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan dalam Persepektif Ekonomi Islam (Studi Pada BPJS Kesehatan Kota Metro)

Khasnawiyati, Zuhrotul (2019) Denda Keterlambatan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan dalam Persepektif Ekonomi Islam (Studi Pada BPJS Kesehatan Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI (ZUHROTUL KHASNAWIYATI) - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (958kB) | Preview

Abstract

Denda keterlambatan pembayaran iuransebesar 2,5% yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan dilatar belakangi oleh kurangnya kepatuhan peserta dalam membayar iuran. Ketidak disiplinan peserta dalam membayar iuran berimbas pada kekurangan dana dalam keuangan BPJS Kesehatan. Adanya penerapan denda keterlambatan ini sebagai upaya menumbuhkan rasa tanggungjawab peserta agar lebih tertib dalam membayar iuran.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang denda keterlambatan iuran BPJS Kesehatan. Jenis penelitian ini termasuk jenis peneltian lapangan (field reasarch), sedangkan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatifdengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada BPJS Kesehatan dan Peserta BPJS. Semua data tersebut dianalisis secara deduktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa denda keterlambatan iuran BPJS Kesehatan yang di terapkan kepada peserta sudah baik. Hal ini terlihat dari kesesuaian dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam yaitu tauhid, keadilan, tanggungjawab dan kejujuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:20
Last Modified: 10 Jan 2020 04:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item