Transaksi Jual Beli Ikan Lele Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Usaha Pak Wahid Di Desa Batangharjo Kecamatan Batanghari Kabapubaten Lampung Timur)

Lusiana, Inna (2019) Transaksi Jual Beli Ikan Lele Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Usaha Pak Wahid Di Desa Batangharjo Kecamatan Batanghari Kabapubaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI - Donquixote Joker.pdf - Other

Download (9MB) | Preview

Abstract

Ikan lele merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar yangdapat diunggulkan karena permintaan pasarnya yang selalu tinggi.Perkembangan usaha budidaya ikan lele sangat pesat sehingga memberikan kontribusi yang sangat nyata terhadap peningkatan produksi perikanan budidaya.Usaha budidaya ikan lele sekarang ini semakin bertambah intensif. Hal ini sejalan dengan kemajuan zaman dan teknologi, dimana kita cenderung menggunakan lahan seminimal mungkin namun diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal, sehingga hasil produksi semakin meningkat sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan pendapatan nelayan dan petani ikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana transaksi jual beli ikan lele ditinjau dari etika bisnis Islam (studi kasus usaha pak wahid di desa Batangharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Penelitian ini termasuk dalam penelitian metode kualitatif adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode pengamatan (observasi) yang dilakukan dengan mengamati dari kejauhan bagaimana fakta yang terjadi di lapangan, wawancara (interview)terhadap tindakan transaksi jual beli ikan lele antara petani ikan dan tengkulak ikan, dokumentasi yang di gunakan berupa pengambilan gambar pada saat melakukan penelitian sebagai penunjang skripsi ini. Data yang terkumpuldianalisis menggunakan metode analisispenelitian deskriptif adalah suatu penelitian yang berusaha mendeskripsikan fenomena atau peristiwa secara sistematis sesuai dengan apa adanya.

Berdasarkan hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa etika bisnis Islam telah memberikan ketentuan bahwa para pelaku bisnis harus lebih mengetahui dan memahami prinsip-prinsip etika bisnis dalam Islam yaitu tauhid, keseimbangan (keadilan), kehendak bebas, kebijakan, tanggung jawab, kepatuhan dan kejujuranhal tersebut didahulukan agar bisnis yang dilakukan agar mendapat keberkahan dan keridhoan dari Allah SWT.Konsep keadilan harus diterapkan dalam jual beli. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghilangkan praktik kecurangan yang dapat mengakibatkan kedzoliman bagi suatu pihak. Kecurangan dalam penimbangan dapat perhatikan khusus dalam Al-Qur’an karena praktik semacam ini telah merampas hak orang lain. Selain itu juga praktik penimbangan seperti ini dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk dalam dunia perdagangan yaitu timbulnya ketidakpercayaan penjual kepada tengkulak yang curang. Dalam berbisnis haruslah menerapkan unsur-unsur kejujuran dalam transaksi jual beli agar mendapat keberkahan di dalam usahanya selain itu unsur kerelaan hal yang paling penting dalam berbisnis dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:39
Last Modified: 10 Jan 2020 04:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item