Perubahan fungsi tanah wakaf tinjauan hukum islam (studi kasus klinik pratama Muhammadiyah Hadimulyo kecamatan Metro Pusat)

Baikhaqi, Iqbal (2019) Perubahan fungsi tanah wakaf tinjauan hukum islam (studi kasus klinik pratama Muhammadiyah Hadimulyo kecamatan Metro Pusat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 003.SYARIAH.2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang peneliti lakukan berjudul “PERUBAHAN FUNGSI TANAH WAKAF TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Klinik Pratama Muhammadiyah Hadimulyo Metro Pusat)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat pengurus mushola, tokoh agama dan nadzir tentang perubahan fungsi tanah wakaf yang semula mushola akan dibangun menjadi toko, serta untuk mengetahui hukum perubahan fungsi tanah wakaf dalam pandangan Hukum Islam.

Dalam penelitian ini adapun rumusan masalah, yakni: Bagaimanakah Perubahan fungsi tanah wakaf Klinik Pratama Muhammadiyah Hadimulyo Metro Pusat?

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi kemudian disusun, dijelaskan dan dianalisis.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam memahami perubahan fungsi tanah wakaf pihak KUA, tokoh agama dan PCM Hadimulyo membolehkan. Didapati setelah MIM Hadimulyo pindah di Hadimulyo Timur, Nadzir dan PCM Hadimulyo berinisiatif untuk mendirikan balai pengobatan yang sekarang menjadi klinik. Mereka mengacu kepada mazhab Hambali dan mazhab Hanafi yang membolehkan perubahan fungsi tanah wakaf sepanjang ada kemaslahatan. Namun, alasan-alasan yang dibangun tidaklah kuat dan secara regulasi juga belum terpenuhi, selain dikarenakan hanya mengajukan permohonan ke Pengurus Muhammadiyah Daerah (PMD) Kota Metro dan Pengurus Muhammadiyah Wilayah (PMW) Lampung untuk mendapatkan perizinan dan nadzir atau dari pihak PCM Muhammadiyah belum melapor kembali ke KUA setempat.

Kata Kunci: Perwakafan, Perubahan Fungsi Tanah Wakaf

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Sep 2019 09:03
Last Modified: 24 Sep 2019 09:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item