Motivasi Berwirausaha (Studi Kasus Santri Putri Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Kabupaten Lampung Timur)

Roisah, Alfi (2018) Motivasi Berwirausaha (Studi Kasus Santri Putri Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ALFI ROISAH_NPM. 1287034.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Entrepreneur sebagai sumber tenaga kerja untuk menghasilkan produk yang berkualitas, baik berupa materi maupun produk berupa jasa. Sebagai seorang individu, seorang entrepreneur juga mempunyai sesuatu yang utama mengenai perilaku, sikap serta kebiasaan-kebiasaan yang tumbuh dan berkembang yang dibentuk oleh kondisi lingkungan bahkan pengalaman-pengalaman ditempat kerjanya. Seorang wirausaha harus pandai mencari peluang untuk menentukan langkah kegiatan, dan berani menanggung resiko dalam upaya meraih kemanfaatan dalam produk atau jasa yang digunakannya.

Pertanyaan penelitian adalah apakah motivasi santri putri dalam berwirausaha di pondok pesantren Riyadlatul Ulum39 B Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi santri putri dalam berwirausaha di pondok pesantren Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Kabupaten Lampung Timur dan manfaat penelitian adalah secara praktis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada masyarakat luas tentang motivasi santri putri dalam berwirausaha dan secara teoritis bahwa hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengembangan ilmu pengetahuan khususnya ilmu ekonomi Islam tentang motivasi santri putri dalam berwirausaha.

Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dan sifat penelitian ini adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yaitu Khusnul Wilda, Anisa, Siti Fatimah, Indah Kurniati dan Siti Nuraeni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan analisis kualitatif yaitu proses mencari dan menyusun secara berurutan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain.

Berdasarkan wawancara kepada santri putri dan pengurus terhadap motivasi santri putri dalam berwirausaha di pondok pesantren Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Kabupaten Lampung Timur adalah santri putri mempunyai kemampuan untuk mandiri, menambah uang saku dan menambah pengalaman hidup mandiri, tidak puas dengan karir yang sedang dijalani, Dorongan orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Jan 2020 14:32
Last Modified: 11 Jan 2020 14:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item