Pengelolaan Harta Wakaf di Baitul Maal L-Risma Kota Metro

Augustono, . (2018) Pengelolaan Harta Wakaf di Baitul Maal L-Risma Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AUGUSTONO (13102394).pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Wakaf merupakan pranata keagamaan islam yang sudah mapan. Dalam hukum islam waaf termasuk kedalam kategori ibadah ijtima „iyah (ibadah sosial) yang manfaat atau tujuannya kepentingan umum atau islam apabila dikelola secara baik, profesional dan dikembangkan secara produktif. hal ini akan menjadi kekuatan umat islam yang keuntungan dapat disumbangkan dalam dalam upaya pembangunan nasional dan menjadikan keadilan sosial masyarakat serta dapat mengurangi pengangguran dan mencipakan lapangan pekerjaan baru.
Penelitian ini secara umum membahas mengenai pengelolaan harta wakaf yang ada di Baitul Maal L-Risma dengan menggunakan teori-teori sebagai pijakan dalam menjawab permaslahan yang ada dilapangan. Teori yang digunakan peneliti guna menjawab pertanyaan penelitian ialah dengan menggunakan teori manajemen pengelolaan wakaf produktif dan wakaf produktif.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitiannya adalah deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi sehingga aka didapatkan data penelitian, yang kemudian data tersebut diolah menggunakan teknik analisis kualitatif dengan pola pikir induktif.

Data dilapangan menunjukkan pengelolaan wakaf yang ada di Baitul Maal L-Risma Kota Metro terdapat dua jenis yakni pengelolaan wakaf dengan uang dan pengelolaan wakaf produktif. pengelolaan wakaf dengan uang yakni harta wakaf yang terkumpul langsung disalurkan kesasaran wakaf dalam bentuk perlengkapan sholat dan didistribusikann kemasjid-masjid. Sedangkan pengelolaan wakaf produktif yang ada di Baitul Maal L-Risma Kota Metro yakni disalurkan dalam bentuk sarana pendidikan yakni didirikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Fathul Arham, dalam pengelolaan wakaf produktif harta wakaf yang terkumpul dari wakif kemudian disalurkan untuk pembangunan gedung sekolah. Dalam pelakasanaan pembangunan gedung sekolah tersebut mengalami kendala financial yang mengakibatkan pembangunan gedung tersebut terhenti dan menjadi terbengkalai. Distribusi profit wakaf produktif akan disalurkan dalam bentuk beasiswa prestasi dan beasiswa tahfidz qur‟an bagi masyarakat yang tidak mampu akan tetapi realisasi dari distribusi ini belum terlaksanakan dikarenakan wakaf produktif yang ada belum beroperasi secara maksismal. Sedangkan pada hakikatnya harta wakaf itu tidak boleh diberhentikan pembangunannya hingga menjadi terbengkalai dikarenakan harta wakaf tersebut tidak memberikan manfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Jan 2020 14:25
Last Modified: 11 Jan 2020 14:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item