Usaha Peternakan Ayam di Tengah Pemukiman Masyarakat Ditinjau dari Etika Bisnis Islam(Studi Kasus di Desa Sembersari Bantul Metro Selatan)

Saputri, Siska Maulina (2018) Usaha Peternakan Ayam di Tengah Pemukiman Masyarakat Ditinjau dari Etika Bisnis Islam(Studi Kasus di Desa Sembersari Bantul Metro Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SISKA MAULINA PUTRI 13104374.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bisnis peternakan ayam merupakan bisnis yang sudah banyak dikembangkan oleh para pebisnis. Bisnis tersebut memiliki prospek yang baik melihat tingginya permintaan pasar serta memiliki nilai gizi yang tinggi dan harganya pun terjangkau. Namun seiring berjalannya waktu para pebisnis peternakan mulai mengabaikan kondisi lingkungan sekitar, dalam menjalankan bisnis peternakan tentunya harus mengetahui ketentuan yang berlaku dalam berbisnis serta mengetahui tata cara dalam berbisnis yang sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis. Seperti halnya peternakan ayam di desa Sumbersari Bantul Metro Selatan yang didirikan ditengah pemukiman masyarakat, diketahui bahwa bisnis peternakan memiliki dampak terhadap lingkungan sekitar. Dampak tersebut berupa limbah kotoran ayam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap usaha peternakan ayam ditengah Pemukiman Masyarakat di desa Sumbersari Bantul Metro Selatan dengan memperhatikan prinsip-prinsip etika bisnis. Dalam melakukan bisnis tentunya terdapat syarat-syarat sebelum memulai bisnis, dan dalam menjalankan bisnis seorang pebisnis tentunya harus memperhatikan lingkungan sekitar bisnis. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap pemilik peternakan ayam dan masyarakat sekitar peternakan sedangkan dokumentasi merupakan foto bukti keabsahan data yang diambil saat peneliti melaksanakan wawancara, dan semua data tersebut dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa peternakan ayam milik bapak Bukhori yang berada di desa Sumbersari Bantul Metro Selatan belum sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis dalam melakukan bisnisnya karena masyarakat sekitar usaha peternakan merasa terganggu dengan adanya limbah yang dihasilkan dari usaha peternakan tersebut berupa limbah kotoran ayam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Jan 2020 14:17
Last Modified: 11 Jan 2020 14:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item