Penerapan Prinsip Khiyar dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Cendrawasih Kota Metro

Khasanah, Iswatun (2018) Penerapan Prinsip Khiyar dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Cendrawasih Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Iswatun Khasanah.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pasar Cendrawasih kota Metro sudah terkenal sebagai sentral pembelanjaan oleh masyarakat sekitar. Perdagangan di pasar Cendrawasih mengalami perkembngan dengan pesat akibat dari kebutuhan masyarakat yang meningkat. Faktor harga yang relativ murah serta negoisasi antara penjual dan pembeli yang terjadi secara hangat membuat semakin banyak pengunjung yang ingin berbelanja di pasar ini. Namun banyaknya pembeli, belum tentu pasar itu menerapkan prinsip-prinsip syariah. Penerapan prinsip khiyar salah satunya yang hampir tidak diperdulikan bagi pelaku transaksi di pasar., lalu kurangnya terealisasi praktik khiyar secara sempurna. Sebagian pedagang belum sepenuhnya mengenal konsep khiyar dalam islam, meskipun beberapa ada yang sudah melakukannya. Seringkali para pedagang acuh terhadap kenyamanan dan keamanan para konsumen. Dalam permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam tentang pelaksanaan khiyar dalam jual beli di pasar Cendrawasih kota Metro.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif. Yaitu pengambilan kesimpulan dimulai dari pertanyaan atau fakta-fakta khusus menuju pada kesimpulan yang bersifat umum. Data dan fakta hasil pengamatan lapangan disusun, diolah, dikaji kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum.

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu paktik khiyar sudah diterapkan mayoritas penjual di pasar Cendrawasih kota Metro. Khiyar yang terjadi di pasar Cendrawasih kebanyakan adalah khiyar majlis, khiyar syarat, dan khiyar „aib.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Jan 2020 10:54
Last Modified: 11 Jan 2020 11:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item