Pengaruh Bimbingan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pelaksanaan Shalat Berjamaah Siswa SMK Karya Wiyata Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah

Gumilang, Putri Restu (2018) Pengaruh Bimbingan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pelaksanaan Shalat Berjamaah Siswa SMK Karya Wiyata Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
PUTRI RESTU GUMILANG (NPM.14115181).pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bimbingan merupakan suatu tuntunan atau pertolongan. bimbingan merupakan suatu tuntunan mengandung pengertian bahwa di dalam memberikan bantuan itu jika keadaan menuntut adalah menjadi kewajiban bagi para pembimbing memberikan bimbingan secara aktif kepada yang dibimbingnya. Kegiatan shalat berjamaah di SMK tersebut sudah terselenggara dengan baik oleh hampir seluruh siswa, meskipun ada beberapa siswa yang masih belum melaksanakan shalat berjamaah dan lebih memlih untuk jajan di warung dan bermain-main. Berdasarkan hasil observasi yang sudah dilakukan, bimbingan guru sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari guru pendidikan Agama Islam di SMK Karya Wiyata tersebut tidak hanya tinggal diam dalam kegiatan pelaksanaan shalat berjamaah, mereka juga membimbing, mengajak sekaligus menjadi contoh bagi siswanya untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh Bimbingan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pelaksanaan Shalat Berjamaah Siswa SMK Karya Wiyata Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah?”. Sedangkan Populasi yang penulis ambil adalah seluruh siswa SMK Karya Wiyata 431 siswa dan 43 siswa tersebut dijadikan sampel, kemudian teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket langsung dan tak langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ada teknik Chi Kuadrat, kemudian untuk mencari besarnya pengaruh antara variabel dihitung menggunakan rumus KK.

Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan Chi kuadrat mendapatkan hasil sebesar 35,31 yang kemudian untuk mengetahui hipotesis dari penelitian ini ditolak atau diterima peneliti menggunakan tabel r dengan demikian harga Chi kuadrat hitung harus disubtitusikan ke dalam koefisien kontingensi dengan lambang C atau KK sehingga memperoleh harga KK sebesar 0,670 dan kemudian di interpretasikan ke dalam Phi ( ) mendapat nilai sebesar 0,902, sehingga nilai dari ini dapat dibandingkan dengan tabel r untuk mengetahui besar atau kecilnya nilai ini dari pada rtabel yang besarnya (taraf signifikan 1% = 0,398 dan pada taraf signifikan 5% = 0,308) sehingga diperoleh rtabel(5%)< > rtabel (1%) yaitu 0,398 < 0,902 > 0,308.

Berdasarkan pengujian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang cukup erat antara Bimbingan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pelaksanaan Shalat Berjamaah Siswa SMK Karya Wiyata Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Jan 2020 09:56
Last Modified: 12 Jan 2020 09:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item