Persepsi Mahasiswa Tentang Pelanggaran Hak Cipta Atas Karya Tulis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2014 Fakultas Syariah IAIN Metro)

Khodir, Ngabdul (2018) Persepsi Mahasiswa Tentang Pelanggaran Hak Cipta Atas Karya Tulis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2014 Fakultas Syariah IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NGABDUL KHODIR .pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelanggaran Hak Cipta atas kaya tulis banyak dilakukan oleh mahasiswa dan menjadi sebuah fenomena yang sulit untuk dihentikan. Persepsi merupakan sudut pandang atau penilaian yang dilakukan oleh seseorang terhadap suatu hal atau objek tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pelanggaran Hak Cipta atas karya tulis dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang pelanggaran Hak Cipta atas karya tulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Sumber primer yang menjadi informan yaitu mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah angkatan 2014 Fakultas Syariah IAIN Metro dengan teknik purposive sampling. Sumber sekunder penelitian ini meliputi buku dan jurnal yang membahas tentang HAKI dan Hak Cipta, buku dan jurnal psikologi yang membahas tentang persepsi, Undang-Undang Hak Cipta, Fatwa HAKI, artikel dan sumber-sumber lain yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan berfikir induktif.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat beberapa persepsi yang diungkapkan oleh mahasiswa selaku responden tentang pelanggaran Hak Cipta atas karya tulis yaitu persepsi yang mengatakan bahwa pelanggaran Hak Cipta karya tulis yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan hal yang biasa saja, wajar, normal, dan tidak masalah untuk dilakukan. Dalam mempersepsikan hal tersebut responden dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari karakteristik pribadi dalam hal ini yaitu sikap kepribadian yang buruk karena responden cenderung menyukai dan tidak perduli ataupun mempermasalahkan dengan pelanggaran yang ada. Sedangkan persepsi lainnya memandang bahwa tindakan pelanggaran Hak Cipta yang dilakukan mahasiswa merupakan hal yang tidak pantas untuk dilakukan, tindakan tersebut merupakan suatu hal yang buruk dan akan memberikan dampak negatif pada pelakunya. Dalam mempersepsikan hal tersebut responden dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari karakteristik pribadi yaitu berupa sikap kepribadian yang baik karena responden cenderung tidak menyukai dan tidak menerima dengan pelanggaran yang ada.

Kata Kunci : Persepsi, Hak Cipta, Karya Tulis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Jan 2020 09:18
Last Modified: 12 Jan 2020 09:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item