Dakwah Islam Melalui Seni Hadrah di Desa Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Hikmah, Asysyifa Ul (2018) Dakwah Islam Melalui Seni Hadrah di Desa Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ASYSYIFA UL HIKMAH NPM. 13106086.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Menyampaikan dakwah bukanlah hal yang mudah, diperlukan cara ataupun media yang tepat agar apa yang da’i sampaikan dapat diterima oleh mad’u. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana dakwah Islam melalui seni hadrah di Desa Hargomulyo kecamatan Sekampung kabupaten Lampung Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode berpikir induktif.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) Syair;syair lagu yang sering dinyanyikan yaitu Padang Bulan, Turi putih, Ya asiqol mustofa, Dean Assalam, Assalamu’alaik ya Rosulullah, khobiri, khoirul Bariyah, ya Imama Rusli, dan syair lagu yang paling menjadi favorit adalah lagu Turi Putih. 2) Pesan Dakwah Yang Terkandung Dalam Syair lagu seni Hadrah Di Desa Hargomulyo berbeda-beda, contoh lagu sholawat Deen Assalam, syair lagu sholawat ini memiliki makna dan pesan dakwah tentang perdamaian dalam beragama, lagu sholawat Turi Putih, syair lagu sholawat ini mengandung pesan dakwah tentang mengingat mati, berjudul Khoirul Bariyyah memiliki pesan dakwah tentang memberitahukan bahwa Nabi Muhammad Saw adalah sebaik-baiknya mahluk, yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt. 3) Manfaat Seni Hadrah dalam Masyarakat diantaranya: Bersholawat atau membaca sholawat merupakan bentuk realisasi ketaatan kepada perintah Allah Swt, bersholawat akan memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad Saw, dengan bersholawat akan di angkat derajatnya. 4) Dakwah melalui seni Hadroh pada prilaku masyarakat desa Hargomulyo diantaranya: Tidak lagi nongkrong-nongkrong hingga larut malam, Tali silaturahmi lebih erat, Semakin cinta Rosul dengan banyak bersholawat, lebih menyukai lagu-lagu yang bernafas islami dari pada lagu-lagu yang memiliki makna kurang baik. 5) Faktor Pendukung dan Penghambat Dakwah Islam Melalui Seni Hadrah di Desa Hargomulyo, diantaranya: a. Faktor Pendukung, adanya tanggung jawab dan loyalitas para anggota grup seni hadrah Azzahra dalam kegiatan latihan maupun pementasan, dukungan atau respon baik dari masyarakat sekitar. b. Faktor penghambat, cuaca yang kurang mendukung dan peralatan yang rusak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Jan 2020 09:05
Last Modified: 12 Jan 2020 09:05
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item