Peran Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah (Studi kasus BPRS Aman Syariah Sekampung)

Devi, Kesit Ramia (2018) Peran Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah (Studi kasus BPRS Aman Syariah Sekampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KESIT RAMIA DEVI fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga Penjamin Simpanan pada dasarnya memiliki dua fungsi yaitu menjamin simpanan nasabah dan melakukan penyelesaian atau penanganan bank gagal. Pengembalian dana terhadap nasabah penyimpan dana harus berada pada prioritas utama. Saat bank mengalami masalah dan dicabut izin usahanya maka dana nasabah lah yang pertama kali dijamin LPS. Pembentukan LPS diperlukan untuk memberi rasa aman dan memberikan kepercayaan nasabah terhadap sistem dan institusi keuangan yang ada, dengan kebijakan ini pemerintah berharap kondisi sektor keuangan tetap stabil. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat atau nasabah yang belum sepenuhnya mengetahui serta belum memahami lebih banyak mengenai apa itu Lembaga Penjamin Simpanan baik fungsi,tugas serta perannya yang sangat penting dalam menjamin dana nasabah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Lembaga Penjamin Simpanan dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat atau nasabah terhadap BPRS Aman Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Direktur BPRS Aman Syariah dan nasabah BPRS Aman Syariah. Semua data tersebut dianalisis dengan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa nasabah banyak yang belum memahami secara lebih mendalam tentang LPS, karena kurangnya sosialisasi secara lisan dari pihak BPRS Aman Syariah sehingga LPS belum berberan dalam meningkatkan kepercayaan nasabah. Namun BPRS Aman Syariah telah mengupayakan cara agar memperkenalkan LPS kepada masyarakat atau nasabah, yaitu dengan menyebarkan brosur dan dengan menempelkan poster tempelan tentang LPS yang ditempelkan pada pintu masuk bank. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa pemahaman nasabah tentang LPS sangat dibutuhkan salah satunya yaitu peran LPS dalam menjamin dana nasabah, karena LPS akan berperan dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat jika masyarakat atau nasabah lebih memahami tentang peran dan fungsi LPS itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Jan 2020 06:53
Last Modified: 12 Jan 2020 06:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item