Pengelolaan Premi Asuransi Jiwa Syariah Menurut Peraturan Yang Ada di Indonesia (Studi Kasus di Asuransi Jiwa PT. Prudential Syariah Kota Metro)

Aprilia, Distari (2018) Pengelolaan Premi Asuransi Jiwa Syariah Menurut Peraturan Yang Ada di Indonesia (Studi Kasus di Asuransi Jiwa PT. Prudential Syariah Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DISTARI APRILIA.pdf - Other

Download (9MB) | Preview

Abstract

Mekanisme pengelolaan dana pada asruansi syariah sangat berbeda dengan asuransi konvensional. Pada asuransi syariah (Life Insurace), untuk produk-produk yang mengandung unsur saving (tabungan), dana yang dibayarkan peserta langsung dibagi ke dalam dua rekening yaitu rekening peserta dan rekening tabarru’. Kemudian total dana diinvestasikan, dan hasil investasi dibagi secara proposional antara peserta dengan perusahaan. Pada asuransi syari’ah premi yang terkumpul dari nasabah perusahaan asuransi syariah (premi) diinvestasikan berdasarkan syariah dengan sistem bagi hasil (mudharabah). Hal ini tentu berbeda dengan asuransi konvensional dimana premi menjadi milik perusahaan dan yang kemudian memiliki otoritas penuh untuk menetapkan kebijakan pengelolaan dana tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan premi Asuransi Jiwa Syariah di PT. Prudential Kota Metro Menurut Peraturan yang berlaku di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir deduktif.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan Premi Asuransi Jiwa Syariah di PT. Prudential Kota Metro dalam prakteknya dan pengelolaanya sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah serta peraturan yang ada di Indonesia, yaitu bersih dari unsur gharar, maisir dan riba. Sebab dalam pelaksanaan asuransi akad tabarru’ tersebut jumlah premi, jangka waktu, akad, bagi hasil, serta sumber klaim semua jelas, serta atas kesepakatan kedua belah pihak (penanggung dan tertanggung). Asuransi syariah di PT. Prudential Kota Metro didasari atas prinsip saling menolong. Peserta memiliki posisi sebagai orang yang mendapatkan bantuan atas musibah yang dideritanya. Namun, di sisi lain juga sebagai orang yang membantu peserta lain yang mengalami musibah. Hal tersebut sesuai dengan pedoman umum asuransi syariah di Indonesia yang ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia Melalui Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor: 21/DSN-MUI/X/2001 yang menyatakan bahwa “asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Jan 2020 06:47
Last Modified: 12 Jan 2020 06:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item