Implementasi hak khiyar dalam jual beli terhadap slogan barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan (Studi Kasus Pada Toko Grosir dan Eceran Binti Sholikah)

Nurjannah, Alita (2019) Implementasi hak khiyar dalam jual beli terhadap slogan barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan (Studi Kasus Pada Toko Grosir dan Eceran Binti Sholikah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ALITA NURJANNAH.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Islam mengatur tentang kegiatan bermuamalah yang baik agartidak merugikan satu sama lain. Bentuk muamalah yang dilaksanakan manusia dalam memenuhi kebutuhan ialah jual beli. Suka sama suka merupakan kunci dari transaksi jual beli. Dalam Islam sendiri telah menetapkan adanya hak khiyar, yaitu sebagai upaya untuk menjaga agar tidak terjadi perselisihan antara pelaku usaha dan konsumen.Hampir secara keseluruhan, berbagai bentuk transaksi yang berkembang dewasa ini berada dalam kebijakan pelaku usaha, sehingga pelaku usaha memiliki keleluasaan untuk menetapkan dan menerapkan persyaratan dalam perjanjian. Bahkan persyaratan itu tidak memberikan ruang gerak bagi konsumen.Slogan “barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan” seperti setiap orang dari segala lapisan paham betul arti tulisan yang tertera pada nota-nota pembelian yang mereka peroleh setiap kali berbelanja.Melihat permasalahan tersebut maka rumusan masalahnya adalah Bagaimana implementasi hak khiyar dalam jual beli terhadap slogan barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan, di toko Grosir dan Eceran Binti Sholikah?. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui praktik pelaksanaan khiyar dalam jual beli terhadap slogan barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan di toko Grosir dan Eceran Binti Sholikah.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan, adapun sifatnya adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan kepada Pemilik toko, karyawan toko, pembeli. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan berpikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli di toko Grosir dan Eceran Binti Sholikah belum menerapkan khiyar yang telah di syariatkan dalam Islam.Penelitian ini ditemukan bahwa, praktek hak khiyar dalam jual beli di Toko Binti Sholikahtidak sesuai dengan syarat sahnya jual beli karena pelaksanaanya dari jual beli tersebut terdapat unsur keterpaksaandan unsur ketidakadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 01:30
Last Modified: 13 Jan 2020 01:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item