Dampak Eksitensi PKL di Kota Metro Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Taman Merdeka Kota Metro)

Yunita, Eva (2018) Dampak Eksitensi PKL di Kota Metro Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Taman Merdeka Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
EVA YUNITA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pedagang kaki lima adalah seorang yang berjualan barang kebutuhan sehari-hari, makanan, atau jasa dengan modal yang relatif kecil, modal sendiri atau modal orang lain, baik berjualan di tempat terlarang ataupun tidak. Istilahkaki lima di ambil dari pengertian tempat di tepi jalan untuk lebarnya lima kaki.

Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan dampak eksistensi PKL di Kota Metro perspektif Ekonomi Islam. Maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakanpendekatan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak eksistensi PKL di kota metro sangat banyak , karena akan merusak keindahan taman pasti ada dampak positif dan negatif nya. Bagi PKL memang untuk mencari rezeki namun bagi pemerintah itu sangat merusak. Pemerintah mengupayakan penataan PKL dalam upaya yang sudah cukup dan mengatasi dan mengantisipasi dampak dan timbulnya.Implementasi kebijakan pengelolaan Pedagang Kaki Lima (PKL) berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 16 Tahun 2002 tentang Ketertiban Umum, Kebersihan dan Keindahan Kota Metro sudah berjalan namun belum efektif, seperti masih adanya penolakan yang terjadi saat pelaksanaan penataan PKL berlangsung seharusnya bisa diatasi bila pemerintah Kota Metro cukup tanggap terhadap berbagai tuntutan dari para PKL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:41
Last Modified: 13 Jan 2020 03:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item