Peran Guru dalam Pembinaan Akhlak Anak di TPA Miftahul Iman Desa Negeri Agung Kecamatan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur

Janah, Fatkhul (2018) Peran Guru dalam Pembinaan Akhlak Anak di TPA Miftahul Iman Desa Negeri Agung Kecamatan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Cover skripsi Ok.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam Agama Islam, akhlak menempati kedudukan yang istimewa. Hal ini berdasarkan kaidah bahwa Rasulullah SAW menempatkan penyempurnaan akhlak sebagai misi pokok risalah Islam. Selain itu, akhlak juga menjadi tolak ukur keimanan seseorang. Untuk mencapai kesempurnaan akhlak (akhlakul karimah) dibutuhkan adanya pembinaan. Sedangkan dalam pembinaan akhlak ini tidak hanya dapat dilakukan oleh lembaga formal dan informal saja melainkan juga lembaga non formal yang ada di masyarakat, yaitu TPA. Disinilah letak peranguru salah satunyadiTaman Pendidikan Al-Qur‟an.Guru TPA adalah sebagai tenaga pendidikandari lembaga non formal yang mengajarkan kemampuan membaca dan menulisAl-Qur‟an juga mengajarkan pengetahuan tentang ibadah, dan melakukan pembinaan tingkah laku atau akhlak.Anak-anak yang mengikuti pembelajaran di TPA Miftahul Iman masih ada yang belum berakhlakkul karimah seperti memiliki sifat:tidak hormat kepada guru dan orangtuanya juga kepada orang yang lebih tua darinya. Selain itu, ada juga anak yang berani mengambil barang yang bukan haknya, menyakiti teman-temannya dan mengeluarkan perkataan-perkataan yang tidak baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanaperan guru dalam pembinaan akhlak anak di TPA Miftahul Iman Desa Negeri AgungKecamatan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur. Adapun peran guru dalam pembinaan akhlak anak yaitu: peran guru sebagai contoh bagi anak, guru membiasakan anak berakhlakkul karimah, peran guru sebagai pengawas dan peran guru sebagai penasehat bagi anak. Metodologi penelitian ini, penulis menggunakanjenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu metode yang bertujuan untuk membuat pencandraan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifatatau daerah tertentu. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, metode yang penulis gunakan antara lain : meteode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini adalahmenggunakantriangulasidata.

Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, penulis dapat menarik kesimpulan bahwaperan guru dalam pembinaan akhlak anak di TPA Miftahul Iman memiliki peran yang sangat besar bagi anak-anak yang mengikuti pendidikan di TPA, sehingga terciptanya anak-anak yang berakhlakkul karimah yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:32
Last Modified: 13 Jan 2020 03:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item