Pemberian Upah Terhadap Pekerja Anak di Bawah Umur Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Desa Rukti Sediyo Kec. Raman Utara Lampung Timur)

Purnama, Devi Cahya (2018) Pemberian Upah Terhadap Pekerja Anak di Bawah Umur Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Desa Rukti Sediyo Kec. Raman Utara Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DEVI CAHYA PURNAMA NPM. 13102544.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tenaga kerja adalah elemen penting dalam perusahaan. Tanpa adanya tenaga kerja, maka perusahaan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Bagi tenaga kerja bekerja sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam ketenagakerjaan ini ada macam-macam pekerja yang bekerja pada perusahaan atau pabrik, salah satunya adalah pekerja anak. Pekerja anak adalah sebuah istilah untuk memperkerjakan anak kecil. Istilah pekerja anak dapat diartikan juga dengan pekerjan yang dilakukan oleh anak kecil atas tenaga kerja mereka, dengan gaji yang kecil atau pertimbangan bagi perkembangan kepribadian mereka, keamanannya, kesehatan dan prospek masa depan mereka. Kebanyakan dari para pekerja anak tidak sempat lagi menikmati masa bermain sebagaimana anak-anak yang lain. Masalah yang sering muncul dewasa ini dalam dunia ketenagakerjaan adalah masalah yang menyangkut pemenuhan hak-hak pekerja terutama hak untuk diperlakukan secara baik dalam lingkungan pekerjaan, hak atas jaminan sosial, dan hak atas upah yang layak. Persoalan ini timbul berkaitan dengan sikap para pengusaha yang terkadang berperilaku tidak manusiawi terhadap para pekerjannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberian upah terhadap pekerja anak di bawah umur ditinjau dari Etika Bisnis Islam di Desa Rukti Sediyo Kec. Raman Utara Lampung Timur.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk membeikan data yang seteliti mungkin tentang keadaan yang sering terjadi. Teknis analisis penelitian kualitatif ini dilakukan dengan cara menguraikan, merinci ke dalam kelimat-kalimat sehingga dapat menarik kesimpulan sebagai jawaban dari permasalahan mengenai pemberian upah terhadap pekerja anak di bawah umur ditinjau dari Etika Bisnis Islam di Desa Rukti Sediyo Kec. Raman Utara Lampung Timur.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian upah terhadap pekerja anak yang berlaku di desa Rukti Sediyo Kec. Raman Utara Lampung Timur, dalam pelaksaan pemberian upahnya masih terdapat perbedaan. Hal ini tentu saja belum memenuhi prinsip-prinsip etika bisnis Islam, yaitu prinsip keadilan, kejujuran dan tanggung jawab. Jika upah diberikan tidak adil sedangkan pemberian upahnya berdasarkan hasil, maka akan merugikan salah satu pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:28
Last Modified: 13 Jan 2020 03:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item