Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Penetapan Harga Cabai di Pasar Plaza Bandarjaya Lampung Tengah

Khasanah, Uswatun (2018) Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Penetapan Harga Cabai di Pasar Plaza Bandarjaya Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
USWATUN KHASANAH 13104724.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Harga merupakan suatu jumlah uang (nilai rupiah) yang ditentukan oleh penjual sebagai persyaratan tukar yang harus dipenuhi. Harga yang ditentukan dalam suatu produk juga telah mengandung beberapa unsur, antara lainharga bahan dasar, ongkos produksi dan jasa-jasa lainnya yang terlihat dan mempengaruhi proses produksi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penetapan harga cabaiyang terjadi di pasar Plaza Bandar Jaya. Manfaat yang diperoleh yaitu untuk menambah khazanah keilmuan mengenai penetapan harga khususnya penatapan harga cabaiditinjau dari Ekonomi Islam dan sebagai kontribusi serta menjadi bahan masukan bagi para pengambil kebijakan untuk selalu mempertimbangkan kesejahteraan rakyat setiap kali mengambil keputusan. Untuk menjawab permasalahan yang ada dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara (interview) dan observasi. Semua data-data yang diperoleh kemudian dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, harga cabai yang terjadi di pasar Plaza Bandar Jaya Lampung Tengah terjadi dengan saling ridho, di dalam transaksi jual beli dan tidak ada yang terzhalimi, pedagang mengambil keuntungannya juga sudah sesuai dengan ajaran agama Islam. Harga yang ditetapkan oleh pedagangpasar Plaza Bandar Jaya sudah sesuai menurut ekonomi Islam, karena antara kedua belah pihak masing-masing tidak ada yang dirugikan, harganya sudah adil, mekanisme penetapan harganya berorientasi pada kesejahteraan, dan konsep Islam penentuan harganya dilakukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:24
Last Modified: 13 Jan 2020 03:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item