Kerjasama (Syirkah) dalam Pemeliharaan Sapi Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi di UD Buana Jaya Kampung Restu Buana Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah)

Nurohman, Budi (2018) Kerjasama (Syirkah) dalam Pemeliharaan Sapi Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi di UD Buana Jaya Kampung Restu Buana Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Budi Nurohman (13102474).pdf - Other

Download (9MB) | Preview

Abstract

Islam pada hakikatnya membolehkan manusia untuk melakukan tindakan muammalahguna untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan taraf serta harkat dan martabatnya dalambentuk perdagangan atau bisnis. Namun adakala manusia enggan untuk memulai bisnis atau perdagangan tersebut dikarenakan modal yang kurang mencukupi sehingga perlu adanya langkahuntuk mempermudah masyarakat dalam memulai bisnis.Salah satu carauntuk memecahkan masalah permodalan yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat untuk memulai bisnis yaitu dengan menggunkan konsep kerjasama atau dalam islam disebut juga dengan konsep syirkah. Kerjasama (Syirkah) merupakan bercampurnya dua harta seseorang untuk dikelola menjadi satu sehingga modal tersebut akan menghasilkan keuntungan, dan keuntungan tersebut dibagi sesuai dengan akad/kontrak kerjasama pada awal negosiasi.

Skripsi ini secara umum akan membahas mengenai pelaksanaan kerjasama (syirkah) yang ada dilapangan dengan menggunakan teori-teori sebagai pijakan dalam menjawab permasalah dilapangan. Teori yang digunakan peneliti guna menjawab pertanyaan penelitian ialah dengan menggunakan teori Kerjasama (Syirkah) dan teori Etika Bisnis Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitiannya adalah deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunkan metode wawancara dan dokumentasi sehingga akan didapatkan data penelitian,yangkemudian data tersebut diolahmenggunakan teknik analisis kualitatif dengan pola berfikir induktif.

Data lapangan menunjukkan bahwa kerjasama yang dilakukan UD Buana Jayamerupakan bentuk dari syirkah„inanyangdimulai dengan adanya akad jual beli sapi milik UD Buana Jaya kepada Mitranya dan kemudian kontrak kerjasama tersebut dilakukan. Dalam pelaksanaan kerjasama tersebut masing-masing pihak sudah mendapatkan bagian masing-masing namun pada periode selanjutnya terdapat Mitra yang mengaku belum mendapat bagian/hasil dari kerjasama tersebut dikarenakan objek syirkahdigunakan untuk pemenuhan pengiriman sapi keluar daerah. Hal itu melanggar akad kerjasama yang mereka lakukan dan merugikan sebagian dari Mitranya. Dari hasil analisis yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa kerjasama yang dilakukan UD Buana Jaya terdapatpelanggaran akad kerjasama dengan mitranya yang merugikan salah satu pihak, selain itu kerjasama tersebut juga melanggar tiga dari empat prinsip Etika Bisnis Islamyaitu prinsip ketuhanan, prinsip keadilan dan prinsip kehendak bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 05:12
Last Modified: 13 Jan 2020 05:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item