Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Penjualan Daging Sapi di Pasar Bandar Jaya Lampung Tengah

Rohmah, Siti (2018) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Penjualan Daging Sapi di Pasar Bandar Jaya Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI ROHMAH NPM. 1296144 BARU.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa lepas dari bermu’amalah antara satu dengan yang lainnya. Mu’amalah sesama manusia senantiasa mengalami perkembangan dan perubahan sesuai kemajuan dalam kehidupan manusia. Hubungan manusia satu dengan manusia berkaitan dengan harta diatur dalam agama Islam salah satunya adalah jual beli. Hikmah dari diperbolehkannya jual beli adalah agar menghindarkan manusia dari kesulitan dalam bermu’amalah. Islam memang menghalalkan usaha perdagangan, perniagaan dan atau jual beli. Namun tentu saja untuk orang yang menjalankan usaha perdagangan secara Islam, dituntut menggunakan tata cara khusus, ada aturan mainnya yang mengatur bagaimana seharusnya seorang Muslim berusaha dibidang perdagangan agar mendapatkan berkah dan ridha Allah SWT di dunia dan akhirat. Tata cara dalam melaksanakan etika yang benar, akan terjadi keseimbangan hubungan antara pengusaha dengan masyarakat.

Adapun jenis penelitian dalam penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan tehnik analisis kulitatif dan metode berfikir secara induktif. Sumber yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai tata cara berdagang di pasar Bandar Jaya Lampung Tengah dengan cara mewawancarai narasumber seperti para pedagang, kepala pengelola dan para pembeli, sumber data sekunder adalah data-data yang berkaitan dengan data di lapangan terutama data yang diperoleh dari pengelola pasar.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanan penjualan daging sapi di Pasar Bandar Jaya Lampung Tengah belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam seperti ketidakjujuran yang dilakukan penjual terhadap kualitas daging sapi serta belum terpenuhinya rukun jual beli dalam etika bisnis Islam yaitu ketidaksesuaian kualitas daging sapi dengan harga. Dengan demikian pelaksanaan penjualan daging sapi di Pasar Bandar Jaya Lampung Tengah belum memenuhi rukun dan prinsip-prinsip etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 05:08
Last Modified: 13 Jan 2020 05:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item