Strategi Harga Ditinjau dari Prinsip Ekonomi Islam (Studi di PT. Sekawan Chandra Abadi Metro Lampung)

Sari, Ririn Desiana (2018) Strategi Harga Ditinjau dari Prinsip Ekonomi Islam (Studi di PT. Sekawan Chandra Abadi Metro Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RIRIN DESIANA SARI_NPM. 1289104.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Munculnya swalayan-swalayan baru membuat semakin banyak kompetitor atau pesaing swalayandi Kota Metro.Melihat miringnya harga yang diberikan pihak kompetitor membuat pihak manager memikirkan bagaimana cara agar pelanggan setia PT. Sekawan Chandra Abadi Metro Lampung tetap loyal dan bisa menjadikan Chandra Swalayan dapat tetap eksis.Di Chandra Super Storebanyak brand-brand yang ada dibawah naunganny. Seperti yang termasuk dalam barang-barang konsinyasi atau barang titipan seperti Brand Crocodile, Foxton, Cardinal, Sierra Morena, dan Jobb salah satunya adalahbrand Manly, yaitu brandyang salah satu diantara brand-brand lainnya yang terdapat Supervisoruntuk mengawasi jalannya penjualan. Hari besar menjelang Idul Fitri dianggap momen paling tepat untuk memaksimalkan volume penjualan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi harga yang digunakan dalam memenangkan persaingan dan keuntungan yang tinggi. Strategi ini diharapkan mampu meningkatkan penjualan tanpa menghiraukan ajaran-ajaran Islam yang ada. Sehingga terjalin keseimbangan antara penjual dan pembeli.

Penelitian ini termasuk penalitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer yaitu data dasar yang langsung dikumpulkan dari berbagai sumber dari manager dan supervisor. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan cara berfikir induktif yaitu menarik kesimpulan dengan kenyataan yang bersifat khusus kemudian peneliti menyimpulkan menjadi kesimpulan yang umum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwastrategi harga yang digunakan dengan memberikan discoun kuantitas. Yang dianggap mampu meningkatkan volume penjualan yang tinggi dan menghabiskan stok barang yang ada. Dengan memilih momen menjelang lebaran yang dianggap momen ramai. Diskon harga yang diberikan seperti BUY 1 DISC30% BUY 2 DISC 50% , BUY 1 DISC 50% BUY 2 DISC 50%+20% , dan BUY 1 SP 169.000 BUY 2 SP 269.000 .Namun strategi harga yang ditentukan PT. Sekawan Chandra Abadi dengan Brand Manly masih sesuai dengan Prinsip Ekonomi Islam karena tidak adanya penipuan dalam meningkatkan harga dan barang yang dijual masih bisa dirasakan manfaatnya oleh pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 05:05
Last Modified: 13 Jan 2020 05:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item