Faktor-Faktor Penyebab Masyarakat Sukulampung tidak Mencatatkan Pernikahannya di KUA (Studi Kasus Desa Bumi Jawa Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur)

Anwar, Nur Annisa Lufita (2019) Faktor-Faktor Penyebab Masyarakat Sukulampung tidak Mencatatkan Pernikahannya di KUA (Studi Kasus Desa Bumi Jawa Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NUR ANNISA LUFITA ANWAR NPM. 14117353.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia.Mewujudkan keluarga sakinah mawadah wa rahmah, dalam dinamika kehidupan berkeluarga, perjalanan pasangan suami isteri, salah satunya adalah pencatatan nikah. Pencatatan nikah diatur karena tanpa pencatatan suatu pernikahan. Pencatatan perkawinan menjadi unsur yang sangat penting bagi keabsahan perkawinan. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi warga negara dalam membina keluarga, selain itu perkawinan yang dicatatkan akan memberikan perlindungan serta kekuatan hukum bagi suami, isteri dan anak-anak, juga memberikan jaminan dan perlindungan terhadap hak suami, isteri dan anak-anak. Faktor-faktor apasaja yang menyebabkan masyarakat Suku Lampung di Desa Bumi Jawa Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur tidak mencatatkan pernikahannya di KUA.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (fiel research) dengan sifat penelitian deskritif kualitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatifyaitu pecandraan mengenai situasi dankejadian secara sistematis, faktual, dan akurat. Sumber data merupakan subyek penelitian yang memiliki kedudukan penting, diperoleh dari sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis menggunakan data yang diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder.

Hasil penelitian ini adalah, faktor masyarakat Suku Lampung tidak mencatatkan pernikahannya di KUAyaitu: 1) Belum cukup umurnya namun kedua pelaku berdasarkan atas dasar suka sama suka, biasanya pasangan tersebut sepakat untuk melakukan perkawinan tetapi tidak dicatatkan. 2) Hamil diluar nikah merupakan akibat dari pergaulan bebas khususnya dikalangan para remaja, hamil diluar nikah melakukan perkawinan tidak dicatatkan yang terpenting menikahkan keduannya. 3) sulitnya mendapat izin istri sebelumnya dalam perkawinan poligami, sebagaimana disyaratkan oleh Pengadilan Agama, maka hal yang paling memungkinkan agar dapat berpoligami adalah dengan melakukan perkawinan yang tidak dicatatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ahwal Syakhshiyyah
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal Syakhshiyyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 05:56
Last Modified: 13 Jan 2020 05:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item