Hukum Wanita Haid Berdiam didalam Masjid Menurut Madzhab Fiqih

Rahim, Mudrikah (2019) Hukum Wanita Haid Berdiam didalam Masjid Menurut Madzhab Fiqih. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
MUDRIKAH RAHIM, NPM 1502030075, FAKULTAS SYARIAH, JURUSAN AKHWALUS SYAKHSIYYAH.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ”Hukum Wanita Haid Berdiam Di Dalam Masjid Menurut Madzhab Fiqih”Ulama fikih berbedapendapat tentang persoalan tersebut.Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pandangan ulama madzhab berbeda terhadap wanita yang haid berada di dalam masjid. Dan untuk menyikapi perbedaan pendapat para ulama madzhab terhadap wanita haid berada di dalam masjid.Adapun yang di maksud madzhab fiqih yan peneliti kaji adalah hanya rumpun madzhab saja, seperti madzhab Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali, dan Zhohiri.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, bentuk penelitiannya studi kepustakaan, hasil penelitian ini dapat disimpulkan tentang masalah wanita haid masuk ke masjid kitamendapatkan beragam pendapat. Masing-masing ulama mengemukakan pendapatnya yang saling berbeda satu sama lain dengan dalil-dalilnya masing-masing.

Hasil penemuan pada penelitian ini bahwasanya, Jumhur Ulama mengharamkan wanita haid berdiam di dalam masjid kecuali hanya lewat di dalamnya, bahwa diharamkan wanita haid berdiam di dalam masjid dan orang yang junub sesuai dengan firman Allah SWT. demikain dijelaskan di dalam surat An-Nisa’ ayat 43, kecuali hanya berlalau atau sekedarlewat di dalam masjid saja.

Selanjutnya menurut Ibnu hazm boleh saja bagi perempuan haid memasuki masjid.dengan argumentasi berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari tentangperempuan yang baru masuk islam dan tinggal di masjid . Ibn Hazm berkata bahwa perempuantersebut mengalami haid, namun Rasullullah tidak melarang mereka tinggal di dalam masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ahwal Syakhshiyyah
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal Syakhshiyyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 06:37
Last Modified: 13 Jan 2020 06:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item