Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perceraian Dalam Keluarga TKW (Studi Pada Keluarga TKWdi Desa Surya Mataram Kecamatan Margatiga Kabupaten Lampung Timur)

Anggraini, Siska Ayu (2019) Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perceraian Dalam Keluarga TKW (Studi Pada Keluarga TKWdi Desa Surya Mataram Kecamatan Margatiga Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SISKA AYU ANGGRAINI NPM. 14117503.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perceraian adalah perpisahan atau putusnya hubungan suami-istri. Di antara keduanya diharamkan atas aktifitas pemenuhan seksual, serta lepas dari hak dan kewajiban sebagai suami dan istri.Di antara tugas laki-laki ialah memimpin kaum wanita dengan melindungi dan memeliharanya. Kewajiban suami dalam melindungi dan mencukupi kebutuhan istrinya sangat beragam disesuaikan dengan kemungkinannya untuk dapat dilaksanakan dan tidak bertentangan dengan fitrahnya.Adanya keluarga di Desa Surya Mataramyang istrinya bekerja sebagai TKW di luar negeritentu akan mendatangkan beberapa dampak bagi keluarga yang ditinggalkan baik dampak postif atau pun dampak negatif. Dampak positif istri bekerja sebagai TKW adalah terangkatnya ekonomi keluarga sedangkan dampak negatifnya adalah kurang diperhatikannya anak dan kurangnya komunikasi dengan keluargayang akhirnya bisa mengakibatkan perceraian, selingkuh serta perjudian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perceraian dalam keluarga TKWdi Desa Surya Mataram Kecamatan Margatiga Kabupaten Lampung Timur. Adapun manfaat diadakannya penelitian ini adalah sebagai upaya memperkaya khazanah keilmuan dalam bidang hukum Islamterutama terkait masalah faktor-faktor penyebab terjadinya perceraian dalam keluarga TKW.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang menghimpun data kualitatif. Data diperoleh dari tokoh masyarakat, TKW, suami dan anak.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi.Wawancara dilakukan terhadap tokoh masyarakat, TKW, suami dan anak.Semua data-data tersebut kemudiandianalisis menggunakananalisiskualitatifmelaluipendekataninduktif.

Berdasarkan hasil analisis dalam skripsi ini, penyusun mengambil kesimpulan bahwa kasusperceraianyang terjadidi dalam keluarga TKW disebabkankarenabeberapa faktoryaitu selingkuh, meninggalkan kewajiban, ekonomi, dan perjudian.Melihat fakta dalam keluarga TKW desa Surya Mataram, dengan bekerjanya istri di luar negeri mengandung kemadaratan yang lebih besar daripada tidak bekerjanya istri diluar negeri.Perceraian tentu saja membawa dampak yang tidak baik bagi istri, suami dan anak. Dampak tersebut juga dapat dirasakan oleh orang-orang yang ada di sekitar keluarga yang mengalami perceraian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ahwal Syakhshiyyah
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal Syakhshiyyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 06:41
Last Modified: 13 Jan 2020 06:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item