Implementasi Kafa’ahdalam Pernikahan Perspektif Masyarakat Desa Negeri Galih Rejo Kecamatan Sungkai Tengah Lampung Utara

Utami, Fitri (2019) Implementasi Kafa’ahdalam Pernikahan Perspektif Masyarakat Desa Negeri Galih Rejo Kecamatan Sungkai Tengah Lampung Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
FITRI UTAMI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pernikahanialah ikatan lahir dan batin seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami dan istri dengan tujuan membentuk keluarga. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pernikahan adalah kafa’ah yaitu kesesuaian, kesetaraan. Setiap manusia pasti memiliki perbedaan persepsi terhadap kafa’ah/kesetaraan dan implementasinya dalam pernikahan.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fild risearc) dengan metode pengumpulan data, dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif. Yaitu pengambilan kesimpulan dimulai dari pertanyaan atau fakta-fakta khusus menuju pada kesimpulan yang bersifat umum. Data dan fakta hasil pengamatan lapangan disusun, diolah, dikaji kemudianditarik maknanya dalam pernyataan atau kesimpulan yang bersifat umum.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kafa’ahdalam pernikahan secara umum sudah sesuai dengan konsep kafa’ah, meskipun belum maksimal, hal tersebut dikarenakan tidak semua masyarakat memahami arti kafa’ah. Dalam prakteknya, calon suami dan calon istri akan memilih pasangan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan, yaitu berparas cantik/tampan, berkecukupan, dari keluarga yang baik-baik, dan taat beribadah. Karena tidak semua calon pasangan mengetahui jika ada faktor yang lebih utama dalam pemilihan, maka yang menjadi prioritasuntuk menentukan kesetaraanadalah memilih calon hanya dilihat darimaterinya. Hal iniyang menjadikan implementasi kafa’ahdalam perkawinan belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ahwal Syakhshiyyah
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal Syakhshiyyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:04
Last Modified: 13 Jan 2020 07:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item