Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat dalam Jual Beli Ular Sebagai Obat Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur)

Arifin, Nasrul (2019) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat dalam Jual Beli Ular Sebagai Obat Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
nasrul arifin_14124579_Hesy.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jual beli merupakan sebuah kegiatan saling tukar menukar antara barang dengan barang ataupun benda dengan benda, baik itu benda bergerak maupun tidak bergerak yang dimana kegiatan jual beli itu bisa dikatakan sah jika memenuhi ketentuan rukun dan syaratnya. Kegiatan jual beli sangat banyak dilakukan manusiasehingga jual beli yang ada saat initidak bisa terlepas dalam kehidupan manusia baik itu jual beli yang telah memenuhi syariat ataupun tidak, yang mana kegiatan jual beli banyak dilatarbelakangi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam jual beli,sehingga masyarakat banyak yang melakukan transaksi jual beli walaupun transaksi tersebut ada yang melanggar dari ketentuan syariat islam. Seperti kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam jual beli ular sebagai obat perspektif hukum ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode lapangan (Field Research). Sumber Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung dari penjual ular dan pembeli ular, dan sumber data sekunder meliputi buku-buku, jurnal dan sumber-sumber lain. Metode penengumpulan data yang digunakanadalah metode wawancara semistruktur dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data menggunakan analisis kualitatif dengan berfikir induktif.

Hasil penelitian yaitu jual beli ular di Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur dipengaruhi berbagai faktor-faktor yang menentukan permintaan masyarakat terhadap kegiatan jual beli tersebut, yaitu faktor eksternal yang terdiri dari budaya, agama, referensi dan faktor internal yang terdiri dari pekerjaan, selera,dan ekonomi atau pendapatan. Berkaitan dengan prinsip maslahah yang berkaitan dengan ketentuan kemaslahatan bersama dan selain itu dapat dilihat dariprinsip suka sama suka, dan asas kerelaan dari semua pihak yang terkait (an taradhin) dan berdasarkan dengan „urf yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi jual beli ular tersebut dan jual beli ular di Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur merupakan jual beli yang diperbolehkan berdasarkan prinsip-prinsip dan asas-asas hukum ekonomi syariah dengan tidak melihat sebuah sudut pandang ketentuan hukum atas sebuah objek akad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:25
Last Modified: 13 Jan 2020 07:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item View Item