Pengaruh Sumpah Adat Terhadap Hukum Perkawinan Islam Pada Lampung Marga Lampung Timur

Cinta, Yunus Putra (2019) Pengaruh Sumpah Adat Terhadap Hukum Perkawinan Islam Pada Lampung Marga Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
YUNUS PUTRA CINTA BARU.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permaslahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Sumpah adat Lampung Marga di Desa Batu Badak Lampung Timur ,Sumpah adat tersebut Memiliki judul besar yaitu Sekaenan waghiyang artinya pengakatan saudara. Sumpat adat tersebut terjadi dengan tiga faktor yaitu Konflik, kewawaiyan (kebaikan) dan menikah beda suku. Dengan Tiga faktor tersebut memiliki akibat yang sama yaitu larangan menikah karena bagi masyarakat lampung pengakatan saudara dengan sumpah dibawah alquran maka hukumnya perihal saudara kandung. Apa akibat sumpah adat serta bagaimana pengaruhnya terhadap iplementasi hukum perkawinan islam.

Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumen. Dan setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode analisa kualitatif serta menggunakan penulisan dedektif dan deskriftif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 3 pasangan yang tidak menikah dan 1 pasangan tetap melaksanakan nikah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sumpah adat dan sanksi adat yang di berlakukan bagi yang melanggar sumpah adat serta pengaruhnya terhadap hukum perkawinan islam pada lampung Marga di Desa Batu Badak Lampung Marga lampung timur.

Berdasarkan hasil Penelitian, dapat disimpulkan bahwa sumpat adat Lampung Marga ini tidak berpengaruh terhadap hukum perkawinan islam. Sesungguhnya larangan menikah tersebut. Pangaruh sumpah adat terhadap implementasi hukum perkawainan islam pada Lampung Marga merupakan persepsi Peyimbang masyarakat Lampung Marga karena pada hakikatnya di dalam sumpah adat tidak mengandunglarangan menikah baik secara eksplisit maupun implisit. Maka sumpah adat Lampung Marga tidak berpengaruh terhadap iplementasi hukum perkawinan Islam pada Lampung Marga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ahwal Syakhshiyyah
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal Syakhshiyyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:52
Last Modified: 13 Jan 2020 07:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item