Faktor Dominan yang menjadi Penyebab Terjadinya Cerai Gugat di Pengadilan Agama Kotabumi

Febriyani, Uca (2019) Faktor Dominan yang menjadi Penyebab Terjadinya Cerai Gugat di Pengadilan Agama Kotabumi. Undergraduate thesis, IAIN METRO.

[img]
Preview
PDF
UCA FEBRIYANI.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial yang diciptakan oleh Allah untukhidup berpasang-pasangan, saling mengisi dan bekerja sama antara satudan lainnya yang diwujudkan dalam Perkawinan.Prinsipnya suatu perkawinan itu ditujukan untuk hidupselamanya dan kebahagiaan yang kekal (abadi) bagi pasangan suami istri, Perkawinan tentunya ada suatu tujuan yang akan dicapai salah satunya untuk mewujudkan kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Seseorang akan merasa adanya tali ikatan suci yang membuat tinggi sifat kemanusiaannya, yaitu ikatan rohani dan jiwa yang membuat ketinggian derajat manusia dan menjadi mulia. Kehidupan rumah tangga yang tadinya merupakan nikmat telah berubah menjadi bencana, prahara dan bahkan seperti neraka jadi merupakan rahmat yang dapat membebaskan suami isteri dari prahara tersebut. Setiap kehidupan rumah tangga pasti terdapat masalah-masalah yang akan timbul. Jika suami istri dalam rumah tangga tersebut tidak mampu untuk menyikapi atau mengendalikan dirimasing-masing, tidak menutup kemungkinan akan terjadi percecokan dan keretakan dalam rumah tangga.Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui Apa faktordominanpenyebab terjadinya cerai gugat di Pengadilan Agama Kotabumi Kabupaten Lampung Utara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (fiel research) dengan sifat penelitian deskritif kualitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatifyaitu pecandraan mengenai situasi dan kejadian secara sistematis, faktual, dan akurat. Sumber data merupakan subyek penelitian yang memiliki kedudukan penting, diperoleh dari sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah, faktor yang melatar belakangi terjadinya cerai gugat berdasarkan data yang adadalam gugatan istri adalah sebagian besar karena permasalahan tidak adanya keharmonisan dalam rumah tangga disebabkan kerana perselisihan yang berkepanjangan karena masalah ekonomi, tidak adanya tanggung jawab dari suami, seperti suami lari dari tanggung jawab untuk memberi nafkah istri, suami meninggalkan istri selama bertahun-tahun tanpa ada kabar dan tanpa diketahui keberadaannya.Faktor kekerasandalam rumah tangga (KDRT). Jika kedua belah pihak berusaha untuk menyelesaikan dengan baik-baik, kekerasaan dalam rumah tangga tidak akan terjadi, Penganiayaan seorang suami kepada istri ada dua macam, yakni penganiyaan secara fisik dan bati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ahwal Syakhshiyyah
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal Syakhshiyyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:58
Last Modified: 13 Jan 2020 07:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item