Pemberian Potongan Harga dan Hadiah Bagi Pengguna Kartu Member di Alfamart Way Jepara Serta relevansinya Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Afifah, Fenti Nur (2019) Pemberian Potongan Harga dan Hadiah Bagi Pengguna Kartu Member di Alfamart Way Jepara Serta relevansinya Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
FENTI NUR AFIFAH.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

da banyak cara yang dilakukan penjual sebagai upaya mempengaruhi pembeli agar membeli barang yang dijualnya, salah satunya ialah dengan melakukan promosi dengan menggunakan pemberian potongan harga dan hadiah. Alfamart Way Jepara melakukan langkah-langkahdalam menjalankan bisnisnya dengan menggunakan potongan harga dan hadiah sebagai sarana promosinya dengan syarat yang memiliki kartu Aku Ponta Alfamart akan mendapatkan potongan harga sedangkan untuk pemberian hadiah diberikan kepada konsumennya dengan syarat, terpenuhinya jumlah kriteria belanja dan memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Alfamart Way Jepara .

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana relevansi pemberian potongan harga dan hadiah bagi pemilik kartu member di Alfamart Way Jepara dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana relevansi pemberian potongan harga dan hadiah bagi pemilik kartu member di Alfamart Way Jepara dengan Undang-Undang No. 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dalam memperoleh data, metode yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, wawancara dalam pengumpul datanya, sedangkan untuk menganalisa data yang telah terkumpul, penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dilakukan dengan melalui penggambaran secara umum subjek yang diselidiki dengan cara mengolah dan menganalisis suatu data bersifat umum, kemudian diolah untuk mendapatkan kesimpulan secara khusus.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa pemberian potongan hargadan hadiahbagi pengguna member di Alfamart Way Jeparamemang benar-benar memiliki potongan harga dan hadiah Barang yang dijual dan yang diberi potongan harga jelassedangkan dalam praktik pemberian hadiah yang dilakukan Alfamart Way Jepara dengan cara belanja Rp.40.000, (kecuali rokok, susu bayi 1 tahun, voucer HP), dan kemudian mengumpulkan kode unik diekor struk hingga membentuk kata Alfa atau Alfamartsesuai dengan yang dipromosikan seperti yang disebutkan dalam pasal 10 yaitu bagian d. Tawaran potongan harga atau hadiah menarik yang ditawarkandalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:29
Last Modified: 13 Jan 2020 08:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item