Penetapan Jumlah Produksi Makanan Kerupuk Terhadap Pendapatan Home Industri Kiranadi Batanghari

Nugroho, Farid Anang (2018) Penetapan Jumlah Produksi Makanan Kerupuk Terhadap Pendapatan Home Industri Kiranadi Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Farid Anang Nugroho.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penetapan jumlah produksi terhadap pendapatan homeindustri Kirana. Kegiatan produksi memiliki tujuan menghasilkan barang atau jasa dan meningkatkan nilai guna. Setiap pengusaha memiliki metode penetapan jumlah produksi usahanya. Penetapan jumlah produksi penting dilakukan sebagai upaya meningkatkan pendapatan sehingga usahanya dapat terus beroperasi.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dekriptif kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif yang berawal dari fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian menarik kesimpulan yang bersifat umum.

Berdasarkan hasil penelitian penetapan jumlah produksi homeindustri Kirana atas dasar faktor cuaca dan harga bahan baku. Cuaca hujan membuat bahan kerupuk tidak dapat dijemur secara maksimal karena bahan kerupuk membutuhkan panas yang dihasilkan sinar matahari. Kenaikan harga bahan baku tidak membuat harga kerupuk juga naik sehingga pemilik homeindustri Kirana memutuskan untuk membatasi produksi kerupuk saat harga bahan baku naik. Pendapatan homeindustri Kirana dalam satu hari bekerja sebesar Rp. 1.395.000. Pendapatan homeindustri Kirana saat cuaca hujan Rp.812.000,00 sehingga homeindustri Kirana mengalami penurunan produksi sebesar 74%. Penetapan jumlah produksi mempengaruhi pendapatan homeindustri Kirana karena tingkat pendapatan homeindustri Kirana berdasarkan kepada jumlah produk yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 00:40
Last Modified: 14 Jan 2020 00:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item View Item