Praktik Jual Beli Salam pada Perdagangan Ikan Asin Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Desa Margasari Kec.Labuhan Maringgai Lampung Timur)

Anisah, Yayuk (2018) Praktik Jual Beli Salam pada Perdagangan Ikan Asin Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Desa Margasari Kec.Labuhan Maringgai Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Fix.pdf - Other

Download (33MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekonomi merupakan suatu aktivitas usaha yang dilakukanolehmanusia, untuk mewujudkan kemakmuran dalam perekonomian. Islam telah menghalalkan usaha perdagangan dalam bentuk apapun, selama usaha tersebut mengarah padaaturansyariat Islam, dan bertujuanpada hal yang baik dan tidak merugikan satu sama lain.Sepertiperdagangan ikan asin di desa margasari kec. Labuhan maringgai, produsen ikan asin menerapkan jual beli pesanan kepada konsumen baik yang berada di dalam daerah maupun di luar daerah. Dalam praktiknya jual pesanan tersebut apakah sesuai dengan konsep jual beli salamyang telah diatur dalam ekonomi islam. sehingga dalam praktik jual beli pesanan tidak merugikan satu sama lain baik konsumen maupun produsen.

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan praktik jual beli salam pada perdagangan ikan asin perspektifekonomi Islam di desa Mrgasri Kec. Labuhan Mringgai Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi, sehinnga dengan teknik tersebut peneliti dapat menilai apakah praktik jual beli pesanan ikan asin yang ada di desa Margasari sudah sesuai atau belum dengan konsep jual beli salam dalam ekonomi Islam. semua data-data tersebut dianalisi secara keseluruhan.

Berdasarkan hasil penelitian,tentangpraktik jual beli pesanan pada perdagangan ikan asin di desa Margasari, terdapat beberapa masalah pada praktiknyayang telah berjalan selama ini.Ada beberapa hal yang belum sesuai dengan akad maupun syarat jual beli salam dalam ekonomi Islamyaitu: pembayaran pada jual beli pesanandilakukan dengan cara tunai di awal dan sebagian dibayar dengan cicilan, pada konsep jual beli salammodal dibayar tunai ketika akad disepakati. Begitujuga tanggungan produsen kepada konsumen belum sesuai dengan syarat jual beli salam, dimana biaya pengiriman kembali terhadap barang yang tidak sesuai dengan pengirimanditanggung oleh konsumen, sedangkan modal keseluruhanmerupakan tanggung jawabprodusen.Dalam hal ini praktik yang terjadi pada perdagangan ikan asin secara pesanan di desa Margasari belumsepenuhnya sesuai dengan konsep jual beli salam dalam ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 00:38
Last Modified: 14 Jan 2020 00:38
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/810

Actions (login required)

View Item View Item