Penentuan Waktu Shalat Dzuhur dan Ashar Dengan Bayang-Bayang (Studi Integratif Fikih dan Sains)

Adi, Wasito (2019) Penentuan Waktu Shalat Dzuhur dan Ashar Dengan Bayang-Bayang (Studi Integratif Fikih dan Sains). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI WASITO ADI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Shalat lima waktu tidak bisa dilakukan dengan sembarang waktu, akan tetapi harus mengikuti waktu-waktu yang telah ditentukan berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadis. Namun dalam realita banyak masyarakat dalam melaksanakan Shalat masih terpaku dengan pendapat para ulama’, sedangkan para ulama’ juga masih banyak perbedaan pendapatan tentang waktu Shalat.Penetapan waktu shalat merupakan persoalan yang sangat klasik sejak masa pertumbuhan Islam, dan hal ini sangat menjadi sorotan para pemikir muslim. Karena permasalahan ini sangat erat kaitannya dengan masalah ibadah. Menurut syariat Islam, praktik shalat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Rasulullah SAW sebagai figur pengejawantahan perintah Allah.

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui untuk dapat mengetahui penentuan waktu shalat dzuhur dan ashar dengan bayang-bayang berdasarkanstudi integratif fikih dan sains.Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research).Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan analisis isi (content analysis).Juga pada penelitian ini, setelah datanya terkumpul akan dilakukan analisis data secara kualitatif komparatif.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penentuan awal waktu shalat dengan peredaran matahari saling berhubungan antara Al-Quran dan sains modern. Karena didalam perpektif Al-Quran terdapat gambaran-gambaran umum tentang kedudukan matahari dengan kasat mata dan tanpa perhitungan dalam menentukan awal waktu shalat. Sedangkan dengan perpektif Sains modern kita dapat menentukan awal waktu shalat secara perhitungan dan memudahkan kita mengetahui awal waktu shalat pada berapa derajat kedudukan matahari sehingga sudah masuk awal waktu shalat,dan dengan perhitungan tersebut kita dapat mengetahui jam berapa awal waktu shalat dapat dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:23
Last Modified: 14 Jan 2020 04:23
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item