Pengaruh Pemberian Motivasi Orang Tua Terhadap Minat Mengaji Anak di TPA Al-Yaqin Dusun Kalangan Rejo Agung Kecamatan Tegineneng Tahun 2019

Marfuah, . (2019) Pengaruh Pemberian Motivasi Orang Tua Terhadap Minat Mengaji Anak di TPA Al-Yaqin Dusun Kalangan Rejo Agung Kecamatan Tegineneng Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MARFUAH NPM. 14114761.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tiap orang tua pasti menginginkan anaknya pandai membaca Al-Qur’an. Dalam hal ini orangtua harus memberikanmotivasi yang ekstra serta memfasilitasi segala kebutuhan yang diperlukan anak untuk belajar atau mengaji. Ada dua faktor yang mempengaruhi minat mengaji anak yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu minat yang sudah ada pada diri anak itu sendiri, sedangkan Faktor eksternal yaitu minat yang ditimbulkan atas dorongan atau faktor-faktor luar diri individu tersebut. Berdasarkan hal tersebut untuk menunjang faktor pemberian motivasi orang tua sangatlah berpengaruh.

Pemberian motivasi orangtua terhadap minat mengaji anak sudah cukup baik akan tetapi orangtua harus giat memberikan motivasi kepada anaknya agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak Pengaruh Pemberian Motivasi Orangtua Terhadap Minat Mengaji Anak di TPAAl-Yaqin Dusun Kalangan Rejo Agung Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tenteng pemberian motivasi orangtua dan minat mengaji anak, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh gambaran desa, data struktur di Dusun Kalangan Rejo Agung Kec. Tegineneng Kab. Pesawaran.

Selanjutnya pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis chi kuadrat (). Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Chi Kuadrat hitung(hitung= 55,60) lebih besar dari pada Chi Kuadrat tabel(tabel= 26,3), pada taraf signifikan 5 %. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang Penulis ajukan diterima, yang berarti ada pengaruh yang sangat erat antara pemberian motivasi orangtua terhadap minat mengaji anak, sehingga secara otomatis hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan perhitungan chi kuadrat tersebut maka Ada Pengaru Pemberian Motivasi Orangtua Terhadap Minat Mengaji Anak di TPA Jami’ Al-Yaqin Dusun Kalangan Rejo Agung Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran Tahun 2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:18
Last Modified: 14 Jan 2020 06:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item