Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Matapelajaran Aqidah Kelas VIII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Tahun Pelajaran 2018/2019

Berkah, Muhamad (2019) Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Matapelajaran Aqidah Kelas VIII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Muhamad Berkah, 1501010083, PAI.pdf - Other

Download (15MB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh guru untuk mengukur kemampuan peserta didik terhadap materi yang diberikanoleh guru. Sehingga evaluasi digunakan sebagai alat ukur keberhasilan dari seorang guru dalam mengajarkan materi di kelas dimana dengan adanya evaluasi ini akan diketahui sudah sejauh mana pengetahuan peserta didik terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu agar tujuan evaluasi sebagai alat ukur kemampuan peserta didik ini dapat berfungsi dengan baik maka dibutuhkan alat ukur yang akurat.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas soal ulangan akhir semester mata pelajaran Aqidah kelas VIII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Tahun Pelajaran 2018/2019 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi pengecoh.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Soal ulangan akhir semester mata pelajaran Aqidah kelas VIII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda. Dalam proses analisis butir soal ini dilakukan kolaborasi dengan guru mata pelajaran Aqidah. Soal tersebut dianalisis berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi pengecoh. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan program ITEMAN dan SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Validitas butir soal pilihan ganda 37 butir soal atau 92,5%dikatakan valid dan 3 butir soal atau 7,5% dikatakan tidak valid, (2) Reliabilitas soal pilihan ganda sebesar 0,843. (3) Tingkat Kesukaran soal pilihan ganda 21 butir soal atau 52,5% tergolong mudah, 19 butir soal atau 47,5% tergolong sedang. (4) Daya Pembeda soal pilihan ganda 7 butir soal atau 17,5% memiliki dayapembeda jelek, 15 butir soal atau 37,5% memiliki daya pembeda cukup, 18 butir soal atau 45% memiliki daya pembeda baik. (5) Efektivitas Pengecoh soal pilihan ganda 13 butir soal atau 32,5% memiliki pengecoh sangat baik, 9 butir soal atau 22,5% memiliki pengecoh baik, 13 butir soal atau 32,5% memiliki pengecoh buruk, dan 5 butir soal atau 12,5% memiliki pengecoh sangat buruk. Sedangkan pada guru mata pelajararan Aqidah paham dan dan bisa melakukan cara analisis butir soal dan menginterpretasikan hasil analisis butir soal. Kata kunci: Analisis Butir Soal, Program ITEMAN, Program SPSS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:05
Last Modified: 14 Jan 2020 06:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item