Pluralisme Agama dalam Perspektif Pendidikan Islam

Qodri, Muhammad Rikaz (2019) Pluralisme Agama dalam Perspektif Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
MUHAMMAD RIKAZ QODRI 1283691.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fakta tentang pluralitas keagamaan di masyarakat merupakan realitas yang tidak mungkin dipungkiri. Interaksi antara komunitas yang berbeda budaya, sosial dan agama semakin meningkat. Hampir tidak ada kelompok di masyarakat yang tidak berhubungan dengan kelompok lain yang berbeda.Pluralitas agama jika tidak disikapi secara tepat dan proporsional berpotensi melahirkan benturan, konflik, kekerasan, dan sikap anarkis terhadap penganut agama lain. Potensi ini disebabkan karena setiap ajaran agama memiliki aspek ekslusif berupa truth claim, yaitu pengakuan bahwa agamanya yang paling benar. Pluralisme walaupun didadasarkan pada pengakuan dan penghargaan akan adanya pluralitas agama , tetapi memiliki batas –batas yang tegas dalam masalah doktrin, teologi, dan ritual yang diamalkan. Berdasarkan fenomena tersebut Peneliti mengangkat Pluralisme Agama Dalam Perspektif Pendidikan Islam, untuk memahami pluralisme agama, yaitu menciptakan harmonisasi hubungan antara umat beragama. Pluralisme agama tidak bermaksud menyatukan semua agama dengan mereduksi keunikan dan identitas masing-masing agama, karena hal tersebut justru akan mengingkari realitas keragaman agama. Dari gagasan tersebut yang akan di kaji ialah mengenai (1)Dasar Pluralisme Agama (2)Ruang Ligkup Pluralisme Agama (3)Batas Pluralisme Agama (4)Dasar Pendidikan Islam(5) Prinsip-prinsp Pendidikan Islam (6)Tujuan Pendidikan Islam.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. (library research) yaitu “serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian.”

Hasil peneliti adalah (1) Dasar Pluralisme Agama (toleransi beragama)dan penghargaan atas pluaralitas bersifat Islami dan didasarkan pada ide Al-Quran tentang kebebasan beragama(2)Ruang Ligkup Pluralisme Agamapluralisme agama tidak dapat menyentuh ranah doktrin dan ideologi setiap agama yang berbeda antara satu sama lainnya.(3)Batas Pluralisme Agama pluralisme tidak boleh menghilangkan sisi eklusif tiap-tiap agama dalam konsep teologinya(4)Dasar Pendidikan IslamAl-Quran dan sunnah nabi Muhammad Saw yang dapat dikembangkan dengan ijtihad, al-maslahah al mursalah, istihasan, qiyas, dan sebagainya(5) Prinsip-prinsp Pendidikan Islammeliputi Prinsip menyeluruh (universal) danPrinsip dinamisme(6)Tujuan Pendidikan Islamyaitumencapai pertumbuhankepribadian seseorang yang membuatnya menjadi insan kamil dengan pola taqwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:51
Last Modified: 14 Jan 2020 06:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item View Item