Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik di SDN 2 Metro Pusat

Soleh, Muhammad (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik di SDN 2 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
MUHAMMAD SOLEH 1283921 ,.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peran sekolah sangatlah penting dalam membentuk perilaku para siswanya. Sekolah berfungsi sebagai fasilitator yang akan mengantar para siswa agar mereka berprestasi dengan iman, ilmu dan amal. Di sekolah peran guru agama sangatlah dibutuhkan dalam membimbing dan mengarahkan para siswanya terutama berkaitan mengenai akhlak. Masa anak anak merupakan masa yang dimana mencontoh dari berbagai apa yang ia lihat dan rasakan yang mana menimbulkan sikap dan tindakan sering kali dinilai negatif oleh orang lain. Kenakalan yang terjadi di SD N 2 Metro Pusat sangat beragam bentuknya sehingga perlu diadakannya penanggulangan agar tidak menjadi sikap dan tindakan yang negatif. Berdasarkan latar belakang diatas Penulis dapat merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu peran guru agama islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di SD N 2 Metro Pusat.

Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi pelaksanaan dan usaha usaha yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di SD N 2 Metro Pusat. Manfaat penelitian ini yaitu memberi sumbangan untuk menambah wawasan di bidang pendidikanagama islam, memberi motivasi dalam menanggulangi kenakalan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Langkah dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Setelah melakukan analisis data, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: pertama, peran guru pendidikan agama islam sudahlah efektif serta turut ikut serta dan aktif dalam penaggulangan kenakalansiswa. Kedua, faktor penyebab dan penghambat terjadinya kenakalan siswa ialah faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Ketiga, memberikan contoh serta nasihat yang membangun untuk siswa serta dalam penanganan kenakalan siswa harus adanya kerja sama dengan wali murid/orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:48
Last Modified: 14 Jan 2020 06:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item