Analisis Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Ditinjau dari Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda pada Kelas VIII di SMP Islam Terpadu Bina Insani Metro

Agustin, Nelly (2019) Analisis Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Ditinjau dari Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda pada Kelas VIII di SMP Islam Terpadu Bina Insani Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NELLY AGUSTIN 1501010089 PAI FTIK 2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidik harus dapat membangkitkan kegiatan-kegiatan yang dapat membantu peserta didik meningkat hasil belajarnya. Salah satu upaya dalam meningkatkan proses dan hasil belajar sebagai bagian dari peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui sistem penilaian atau evaluasi.

Untuk mengetahui kualitas suatu soal maka dilakukanlah Analisis pada butir soal. Dengan melakukan analisis butir soal akan melihat apakan soal terlalu mudah atau sedang dan dapat mengetahui kemampuan peserta didik secara tepat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pendidikan Agama Islam ditinjau dari Tingkat Kesukaran dan DayaPembeda pada Kelas VIII di SMP Islam Terpadu Bina Insani Metro Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelasVIII di SMP Islam Terpadu Bina Insani Metro Tahun Ajaran 2018/2019.

Teknik pengumpulan data utama dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program ITEMAN versi 3.00dansecara manual dibantu dengan program Microsoft Excel.

Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Kualitas soal berdasarkan tingkat kesukaran, butir yang tergolong sukar berjumlah 1 butir atau 2,5%, butir soal yang tergolong sedang berjumlah 14 butir atau 35%, dan butir soal yang tergolong mudah berjumlah 25 butir atau 62,5%; (2) Kualitas soal berdasarkan daya pembeda, butir soal yang memiliki daya pembeda jelek berjumlah 7butir atau sebesar 17,5%, butir soal yang memilikidaya pembeda cukup berjumlah 10 butir atau sebanyak 25%, butir soal yang memiliki daya pembeda baik berjumlah 21butir atau sebesar 52,5% dan butir soal yang memiliki daya pembeda negatif berjumlah 2 butir soal atau sebesar 5%; (3) Kualitas soal berdasarkan analisis butirsoal secara bersama-sama, soal yang berkualitasbaik berjumlah 21 butir soal atau 52,5%, soal yang berkualitas kurang baik berjumlah 17 butir atau 42,5%, dan soal yang berjumlah tidak baik berjumlah 2 butir atau 5%. Butir soal yang memiliki kualitas baik akan disimpan di bank soal. Butir soal yang memiliki kualitaa kurang baik akan direvisi dan soal yang memiliki kualitas jelek akan ditolak atau dibuang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:42
Last Modified: 14 Jan 2020 06:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item View Item