Standar penilaian rekrutmen calon karyawan di BRI Syariah kantor cabang Bandar Lampung

Aji Yusuf, Muhammad (2019) Standar penilaian rekrutmen calon karyawan di BRI Syariah kantor cabang Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 143.FEBI.2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi seperti saat ini sumber daya manusia yang memiliki peran dalam dunia perbankan syariah sangatlah minim. Melihat banyaknya persaingan antar perusahaan yang berlomba-lomba untuk merekrut tenaga kerja. Pada proses rekrutmen dalam mencari dan menentukan tenaga kerja tertunya perlu adanya perencanaan yang serius supaya dalam memilih tenaga kerja tidak berakibat fatal nantinya. Karena dalam proses menarik, atau merekrut seorang karyawan (recruitment) membutuh biaya yang tidak sedikit dan waktu yang cukup lama. Upaya mempersiapkan kualifikasi sumber daya manusia syariah di zaman sekarang, maka perlu adanya tahap-tahap penentuan dalam penetapan sebagai karyawan yang mampu bekerja dalam suatu perusahaan syariah seperti bank BRIsyariah. Adapun BRIsyariah adalah perusahaan yang menghimpun dan mengelola keuangan masyarakat dengan prinsip syariah. Melihat perkembangan SDM syariah pada saat ini, bagaimana BRIsyariah menentukan calon karyawan yang memiliki integritas, intelektual, serta professional dalam pemahamannya tentang perbankan syariah?

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan terhadap Pimpinan Cabang BRIsyariah, Branch Operation Supervisor dan Manajer Unit Head BRIsyariah. Wawancara yang dilakukan dengan metode semiterstruktur. Sumber data penelitian ini ada dua sumber yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan standar penilaian rekrutmen yang dilakukan di BRIsyariah berlandaskan dengan standar operasional prosedur sesuai kebutuhan perusahaan. Pada rekrutmen di BRIsyariah terdapat penilaian dan poin penting untuk kualifikasi calon karyawan. Beberapa aspek penting pada penilaian seperti interview yang meliputi kompetensi dasar, kemampuan khusus dan pengalaman. Pada penerapannya BRIsyariah KC. Bandar Lampung merekrut tenaga kerja dari dua sumber yaitu sumber rekrutmen eksternal dan sumber internal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 02 Oct 2019 04:34
Last Modified: 02 Oct 2019 04:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item