Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran PAI SMA LKMD Sidomukti Abung Timur Lampung Utarata. 2018/2019

Khoiroh, Nisaul (2019) Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran PAI SMA LKMD Sidomukti Abung Timur Lampung Utarata. 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NISAUL KHOIROH NPM. 14114981.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Internalisasi merupakan suatu proses penanaman sikap atau tingkah laku yangdilakukan seorang individu kedalam diri sendiri melalui beberapa upaya seperti pembinaan, bimbingan. Tujuan nya adalah agar dapat menghayati serta menerapkan nilai serta norma yang nanti tercerminkan melalui tingkah laku yang sesuai dengan yang diharapkan.

Akhlak adalah suatu ilmu yang menjelaskan arti baik dan buruk menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Perbuatan akhlak adalah perbuatan yang telah tertanam kuat dalam jiwa seseorang, sehingga telah menjadi kepribadiannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran PAI di SMA LKMD Sidomukti Abung Timur Lampung utara.setelah melihat Visi dan Misi SMA LKMD Sidomukti Abung Timur yang mengunggulkan pendidikan ahklak, Memotivasi siswa agar menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya sebagai landasan dalam bertingkah laku dan berakhklak mulia.Maka dari itu peneliti ingin meneliti tentang internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran PAI SMA LKMD Sidomukti Abung Timur.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA LKMD Sidomukti Abung Timur Lampung Utara dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan internalisasi nilai-nilai akhlak di sekolah sudah baik akan tetapi masih terdapat beberapa faktor penghambat lainnya yaitu masih ada beberapa siswa yang belum mengikuti semua kegiatan keagamaan kerana kurangnya kesadaran siswa, dan masih kurangnya sarana ibadah seperti terbatasnya mukena dan Al-Qur’an. Dalam aplikasinya internalisasi nilai-nilai akhlak dapat diterapkan dengan berbagai bentuk seperti memberikan pemahaman tentang akhlak dalam pembelajaran PAI serta dewan guru sudah memberikan pola pembinaan seperti keteladanan, pembiasaan, dan nasihat di lingkungan sekolah untuk membentuk akhlak siswa menjadi lebih baik. Contoh keteladanan serta pembiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari dari guru akan menjadi motivasi bagi siswa untuk mengikuti kebiasaan yang telah dicontohkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:31
Last Modified: 14 Jan 2020 07:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item